Wijaya Kusuma (Epiphyllum anguliger)

Bunga wijaya kusuma merupakan salah satu kaktus yang bunganya mekar di malam hari, dan akan layu sebelum pagi harinya. Itulah alasan bagi banyak orang untuk menyebutnya kembang ratu malam. Tanaman yang berasal dari Venezuela dan Meksiko selatan ini ternyata tidak hanya beraroma harum saja, tapi juga kaya akan manfaat kesehatan sehingga berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit dan keluhan medis lainnya.  Kembang wijaya kusuma (Epiphyllum oxypetalum) digolongkan ke dalam keluarga cactaceae. Bunganya berwarna merah atau putih, dengan buah yang sekilas tidak jauh berbeda daripada buah naga. Bedanya ukuran buahnya lebih kecil. Permukaan daunnya halus dan tidak berduri, berbeda dari kaktus lainnya. Dalam bahasa Inggris, kaktus ini sering juga disebut midnight flower. Daun tua pada akhirnya menjadi keras dan menyusut, hingga membentuk batang tanaman. Bunga yang tumbuh dari ketiak daun, hanya mekar selama beberapa jam. Mekar sempurna biasanya terjadi pada jam 12 malam. Kembang ini memiliki tangkai lentur berwarna putih, dengan buah yang warnanya merah dan biji berwarna hitam. Bunga wijaya kusuma mengandung asam sitrat dan zat penting lainnya. Rasanya manis dan netral, serta memiliki efek farmakologis seperti anti-inflamasi, mukolitik, dan hemostatis. Batang tanaman mempunyai rasa masam, asin, dan bersifat menyejukkan.

Manfaat Wijaya Kusuma bagi Kesehatan

  1. Sesak nafas

Rasa sesak pada pernafasan akibat asma, dapat diobati dengan ekstrak wijaya kusuma. Anda dapat membuatnya sendiri, pertama potong-potong 4 kuntum bunga kemudian taruh di dalam mangkuk. Tuangkan air dan gula batu sehingga bahan terendam, kemudian ditim. Minum ½ gelas airnya setelah agak dingin, di pagi dan petang hari.

  1. Batuk berdarah akibat TBC paru

Untuk mengatasi TBC paru, panaskan 750 ml air dengan api kecil. Masukkan 5 kuntum kembang wijaya kusuma, tunggu airnya tersisa 250 ml. Permanis rasanya dengan 15 gram gula aren, saring lalu minum airnya 2 kali sehari dengan takaran ½ gelas. Artikel terkait: 11 cara mengobati batuk berdahak dan kering secara alami.

  1. Luka baru

Untuk mempercepat sembuhnya luka pada kulit, petik selembar daun wijaya kusuma. Haluskan dengan menumbuknya, balurkan pada luka kemudian balut dengan kain kasa