Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dikenal sebagai tanaman bahan dasar obat tradisional khas Indonesia. Tanaman ini tergolong ke dalam jenis temu-temuan yakni tanaman dengan bentuk rimpang dan akar yang pada bagian batangnya berada di dalam tanah. Temulawak tergolong ke dalam keluarga tanaman Zingiberaciae, seperti halnya kunyit, jahe lengkuas, dan lainnya. Tanaman semacam ini banyak terdapat di wilayah tropis sebagaimana di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tanaman Zingiberaciae ini sering ditemukan hidup di wilayah yang memiliki ketinggian 5 – 750 meter di atas permukaan laut. Temulawak mempunyai beberapa kandungan Zat Aktif antara lain Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri serta minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd). sebagaimana halnya tanaman herbal (obat-obatan alami) pada umumnya, temulawak memiliki ragam manfaat yang luar biasa, terlebih khasiatnya pada tubuh manusia.

Khasiat Tanaman Temulawak

·           Menyembuhkan Hepatitis Secara Alami:

2 jari temulawak dicuci, dikupas, diiris lalu direbus dengan 0,5 L air dan sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini utnuk diminum 2x sehari.

·           Menyembuhkan Batu Empedu Secara Alami:

Resepnya sama dengan no. 1 tapi ditambah dengan 4 batang meniran.

·           Menyembuhkan Sakit Maag Secara Alami:

1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris halus. Rebus dengan 0,5 L air sampai airnya tinggal setengah. Minum selagi hangat-hangat.

·           Menyembuhkan Penyakit Ginjal Secara Alami:

1 rimpang temulawak dicuci, dikupas. Rebus dengan 4 gelas air bersama segenggam daun kumis kucing, segenggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

·           Menyembuhkan Asma Secara Alami:

1,5 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris , direbus dengan 5 gelas air bersama sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

·           Menyembuhkan Bisul Secara Alami:

5 iris temulawak yang sudah dikupas, lalu direbus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren. Setelah diangkat dari api, masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, disaring, diminum sekaligus.

·           Menyembuhkan Kolesterol Secara Alami:

1 rimpang temulawak yang sudah dikeringkan, ditumbuk sampai halus lalu diseduh dengan air. Setelah agak dingin, disaring, diminum langsung.

·           Menyembuhkan Eksem Secara Alami:

7 iris temulawak yang sudah dicuci dan dikupas, 1 ruas asam jawa, sedikit gula aren direbus dengan 1/2 gelas air. Setelah agak dingin, disaring. Diminum sekaligus.

·           Menambah Nafsu Makan Secara Alami:

2 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1/4 lengkuas, 1/2 genggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

·           Memperbanyak ASI Secara Alami:

Parut 1 rimpang temulawak yang sudah dicuci, lalu campurkan dengan sedikit tepung kanji dan sedikit air panas. Aduk. Minum ramuan ini 2x sehari.

·           Menyembuhkan Sariawan Secara Alami:

1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1 buah asam, sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Angkat dari api. Masukkan 1 mata asam. Aduk, saring. Diminum 2x sehari.

·           Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami:

1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris. Beri sedikit gula aren dan rebus dengan 1 gelas air. Angkat dari api. Masukkan sedikit asam kawak. Aduk, saring. Diminum sekaligus, 1x sehari.

·           Menyembuhkan Batuk Secara Alami:

1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diparut sambil diberi 1 gelas air matang. Peras, beri sesendok teh madu dan air perasan jeruk nipis. Minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.