Temu Putih (Curcuma zedoaria)

Tumbuhan ini berupa terna tahunan, tinggi mencapai 2 m, tumbuh tidak berkelompok. Daun berbentuk lanset memanjang berwarna merah lembayung di sepanjang tulang tengahnya. Bunga keluar dari rimpang samping, menjulang ke atas membentuk bongkol bunga yang besar. Mahkota bunga berwarna putih, dengan tepi bergaris merah tipis atau kuning. Rimpang berwarna putih atau kuning muda, rasa sangat pahit.

Kandungan Tanaman Temu Putih

Rimpang mengandung zat warna kuning kurkumin (diarilheptanoid). Komponen minyak atsiri dari rimpangnya terdiri dari turunan Guaian (kurkumol, kurkumenol, Isokurkumenol, Prokurkumenol, Kurkurnadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion); seskuiterpena furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon). Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon); kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren); Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik). Dari hasil penelitian lain ditemukan kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon.

Khasiat Tanaman Temu Putih

  • Meredakan gejala arthritis

Salah satu khasiat temu putih bagi kesehatan adalah membantu meredakan gejala arthritis. Kandungan petroleum dan klorofum dari akar temu putih bisa membantu mengurangi iritasi, dan mengurangi pembengkakan sendi pada penderita arthritis.

  • Maag

Khasiat temu putih untuk pengobatan penyakit adalah untuk mengurangi gejala sakit maag. Cara mengolah temu putih untuk mengobati gejala maag yaitu dengan cara direbus. dan minum ramuan ini selagi hangat 2 kali sehari.

  • Mengobati miom

Tidak hanya mengobati penyakit ringan saja, khasiat temu putih juga bisa untuk pengobatan serius salah satunya untuk miom. Cara mengolah temu putih untuk mengobati miom yaitu dengan cara merebusnya dan campurkan dengan temu mangga. Minum ramuan tersebut 2/3 gelas 3 kali sehari sesudah makan.

  • Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan anda menurun? tidak perlu mengkonsumsi suplemen ataupun obat. Cara meningkatkan nafsu makan bisa dengan cara alami yaitu dengan menggunakan temu putih. Rebuslah temu putih. Dan minum ramuan tersebut selagi hangat untuk membantu memulihkan nafsu makan.

  • Meredakan nyeri haid pada wanita

Mengatasi nyeri haid tidak perlu mengkonsumsi obat, karena bisa dengan cara alami yaktu dengan mengkonsumsi air temu putih yang hangat. Hal ini dikarenakan temu putih memiliki kandungan resin, borneol, cineole, dan cucumol yang dapat membantu mengurangi nyeri karena haid.

  • Mengurangi resiko kista pada wanita

Kista dengan taraf ringan bisa ditangani dengan operasi pengangkatan kista. Akan tetapi bila sudah berat, maka harus diangkat rahimnya. Selain operasi, untuk mengurangi resiko kista bisa secara alami yaitu dengan mengkonsumsi temu putih. Hal ini dikarenakan temu putih memiliki zat tang dapat mengurangi resiko kista pada wanita. Dan kandungan zat yang ada pada temu putih tersebut diantaranya resin, borneol, cineole, dan cucumol.

  • Kanker

Temu putih memiliki kandungan zedoarin, kurkumol dan kurdiona yang bertindakĀ  sebagai anti-neoplastik terhadap sel kanker dan jaringan yaitu dengan meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast liar di sekitar jaringan kanker dan membentuk lapisan limfosit dalam sel-sel kanker dan membungkusnya. Sehingga sel-sel jaringan kanker tidak dapat tumbuh dan akhirnya sel-sel kanker akan mati dan tidak lagi berbahaya. Tidak hanya itu, antioksidan yang berasal dari imunomodulator yang ada pada temu putih adalah zat yang bisa meningkatkan jumlah limfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi.

Kunjungi link jika ingin mengetahui lebih tentang tanaman temu putih dan jika ingin membeli tanaman temu putih https://www.tokopedia.com/binagro-rara17?keyword=temu+putih