Teleng Besar (Clitoria ternatea)

Kembang atau bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Warnanya yang biru terang dapat membuat tampilan menjadi indah. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini antara lain fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sufur dan co-oksalat.

Manfaat  dan Cara Penggunaan Kembang Teleng bagi Kesehatan

·           Diuretik

Kandungan senyawa kembang teleng mempunyai kemampuan melancarkan air seni. Caranya rebus 0,3 gr akar kembang telang dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

·           Pembasmi Racun

Teh herbal yang terbuat dari kembang telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2 hingga 3 kuntum dengan air panas dan biarkan + 10 menit.

·           Mengobati Penyakit Kulit seperti Bisul juga Jerawat

Timbulnya bisul pada bagian tubuh dapat diatasi dengan menggunakan ramuan kembang telang yang ditumbuk dengan gula jawa. Gunakan hasil tumbukan sebagai obat luar pad daerah yeng tekena bisul. Lakukan hingga sembuh sedangkan untuk jerawat haluskan daun, akar atau bunga dan berikan pada area jerawat.

·           Pembersih Mata dan Menyembuhkan Mata Merah

Caranya dengan mencampurkan 5 bunga telang dengan 50 ml air bersih hingga menimbulkan warna bitu yang kental. Setelah itu saring agar terhindar dari pecahan-pecahan bunga yang terendam. Kemudian gunakan air rebusan sebagai onat tetes mata.

·           Mengobati Sakit Telinga

Caranya dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helaian daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit.