Tapak Dara (Catharanthus roseus)

Perdu kecil tahunan, berasal dari Amerika Tengah. Tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat yang terbuka, tetapi tak menutup kemungkinan bisa tumbuh di tempat yang agak terlindung pula. Habitus perdu tumbuh menyamping, Tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih.

Bunganya aksial (muncul dari ketiak daun). Kelopak bunga kecil, berbentuk paku. Mahkota bunga berbentuk terompet, ujungnya melebar, berwarna putih, biru, merah jambu atau ungu tergantung kultivarnya. Buahnya berbentuk gilig (silinder), ujung lancip, berambut, panjang sekitar 1,5 – 2,5 cm, dan memiliki banyak biji.

Khasiat Tanaman Tapak Dara

  • Dapat mengobati luka bakar
  • Dapat mengobati bisul
  • Diabetes
  • Tangan gemetar
  • Mengobati kanker payu darah
  • Anemia
  • Asma
  • Leukimia pada anak
  • Dapat mencengah pembelahan kelenjar
  • Mengobati tumor pigmen
  • Bronchitis
  • Mengobati batu ginjal
  • Dan dapat mengobati hipertensi. (tekanan darah tinggi)

Ramuan Tanaman Tapak Dara sebagai Pengobatan

1.        Manfaat Tapak dara untuk mengobati luka bakar.

Anda dapat menggambil 5 sampai 8 lembar daun tapak dara, cuci bersih daun tersebut, campurkan dengan  1 gengam beras, tumbuk hingga halus daun tersebut dengan beras, lalu beri sedikit air. Tempelkan ramuan tersebut di bagian tubuh anda yang terkena bakar. Jika ingin hasil yang maksimal lakukan dengan rutin sampai luka tersebut mengering.

2.  Manfaat tapak dara untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh ( diabetes)

Anda dapat mengambil 10 lembar daun tapak dara dan satu gengam ceplukan segar (phisalis peruvianaql) kedua nya dicuci hingga bersih,campurkan 3 gelas air, lalu rebus daun dan buah tersebut hingga tersisah minimal separuh nya. Dan minum sebanyak 2 kali sehari.

1.    Manfaat daun tapak dara untuk mengobati ginjal.

Anda dapat mengambil 15 lembar daun tapak dara dan 10 lembar daun keji beling. Cuci bahan bahan tersebut hingga bersih. Lalu campurkan 3 gelas air dan rebus hingga tersisa minimal separuh nya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Hipertensi (tekanan darah tinggi)

  1. Pengolahan Ramuan 1

Lakukan perebusan 16 – 20 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 10 gram bunga krisan dengan 2,5 gelas air bersih hingga mendidih kemudian disaring. Diminum lakukan setiap sore hari.

  1. Pengolahan Ramuan 2

Lakukan langkah berkut Seduh dengan 1 gelas air panas dan  7 lembar daun atau bunga tapak dara, diamkan terlebih dahulu beberapa saat dan kemudian disaring. Diminum pada saat menjelang tidur.

5. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Asma dan Bronkhitis

Lakukan perebusan 1 potong pangkal atau akar tapak dara dengan menggunakan 5 gelas air bersih. Kemudian diminum 2 kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari.

6 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Leukimia

Lakukan perebusan 20-25 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 1 liter air dan  adas pulawaras setelah itu disaring. Kemudian diminum 2  x dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

7 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Radang Perut dan Disentri

Rebus 15 – 30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian diminum pagi dan sore, dapat ditambah dengan gula kelapa.

8 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Kurang darah

Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, biarkan semalam, ditaruh di luar rumah semalam. Kemudian diminum pagi hari dan lakukan secara teratur.

9 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Demam

Rebus 1 genggam (12 -20 gram) daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara dengan 4 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Tambahkan gula kelapa, kemudian diminum pagi dan sore.

10 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Tangan gemetar

Seduh 4 – 7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Diminum seperti biasa.

11 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Gondong, bengkak, bisul dan borok

Lakukan dan Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara. Selanjutnya tempelkan daun yang sudah di tumbuk pada bagian luka yang sakit.

12 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Luka baru

Lakukan dan Kunyah 2 – 5 lembar daun tapak dara sampai lembut . Kemudian tempelkan pada luka baru.

Kunjungi link jika ini mengetahui lebih tentang tapak dara atau ingin membeli https://www.tokopedia.com/binagro-rara17?keyword=tapak+dara