Suji (Dracaena angustifolia)

Tanaman suji merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Ruscaceae. Tanaman suji ini termasuk tanaman perdu tahunan. Tanaman suji ini tumbuh tegak dengan batang bawah rhizomatous yang memiliki batang dengan ukuran panjang tanaman 1-3 m, diameter batang tanaman suji 2-4 cm. Tanaman suji ini memiliki daun yang memanjang meruncing serperti pita dengan warna kehijauan dengan ukuran panjang 15- 22 cm, lebar 2-4 cm dengan pertulangan daun yang sejajar. Bunga tanaman suji ini bunganya melalai atau bertandan dengan panjang tandan bunga sekitar 50 cm. Buah tanaman suji ini berbentuk bulat lonjong dengan warna hijau kekuningan dengan bagian dalam bijinya berwarna putih. Akar tanaman suji ini akar tunggang berwarna putih. Budidaya tanaman suji ini berkembang biak dengan cara stek dan biji. Habitat tanaman suji ini pada daerah  dekat sungai yang subur pada tanah yang lembab dengan sinar matahari yang cukup yang memiliki  ketinggian tumbuh 0 sampai 1000 m dpl.

Kandungan Daun Suji

Saponin, flavonoida, tannin, alkaloid, dan polifenol. Warna hijau pekat pada daun suji menunjukkan bahwa terdapat kandungan klorofil yang sangat kuat.

Khasiat Daun Suji

  1. Dapat menghentikan batuk berdarah

Batuk berdarah disebabkan oleh infeksi bakteri pada tenggorokan. Selain itu paru paru yang berisi cairan juga dapat menyebabkan batuk berdarah. Daun suji dapat menjadi obat alternatif karena mengandung zat alkaloid yang berguna untuk meredakan infeksi di dalam tenggorokan.

Cara membuat obat nya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kurang lebih 15 lembar daun suji kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu diseduh menggunakan air yang sudah masak. Peras daun suji untuk mendapatkan sarinya dan kemudian dapat kita minum. Anda harus rutin meminumnya pagi dan malam hari.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Hal ini dikarenakan daun suji mengandung saponin, zat yang efektif mengurangi kadar kolesterol jahat dengan cara mengikatnya dalam aliran darah. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan kurang lebih 5 lembar daun suji dengan dua gelas air. Kemudian rebus dan sisakan setengahnya saja. Anda dapat meminumnya tiga kali sehari.

  1. Penawar racun

Kandungan zat alkaloid pada daun suji juga bermanfaat sebagai anti bakteri. Saat mengalami keracunan, akan banyak terdapat bakteri bakteri di dalam tubuh. Oleh sebab itu, bakteri-bakteri tersebut harus dinetralisir.

Cara menetralisir racun dalam tubuh menggunakan daun suji adalah dengan merebus 20 gram akar dari daun suji dengan dua gelas air. Sisakan menjadi satu gelas kemudian minum sekali dalam sehari.

  1. Mengobati gusi berdarah dan sakit gigi

Bakteri di dalam mulut dapat menjadi penyebab masalah gusi berdarah dan sakit gigi. Untuk meredakan pendarahan pada gusi, anda dapat berkumur dengan air rebusan daun suji yang masih hangat. Sama hal nya dengan pengobatan untuk masalah gigi, anda dapat berkumur air rebusan daun suji dan meminumnya sebagian.

  1. Meredakan nyeri pada lambung

Daun suji dapat menjadi obat nyeri lambung dengan cara merebus 20 gram daun suji dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum pada waktu pagi dan malam hari dengan takaran ½ gelas.