Sirsak Ratu (Anona Muricata Linn)

Sirsak Ratu memiliki keunggulan diantaranya bentuk buah yang cukup besar sangat berbeda jauh dengan buah sirsak pada umumnya  rasa yang manis tanpa asam dan bijinya pun sangat sedikit.  Buah ini dinamakan sirsak ratu karena di temukan di pelabuhan ratu dan baru di kembangkan dalam jumlah kecil di daerah sukabumi dan sekitarnya. Buah sirsak juga termasuk buah semu, daging buah lunak / lembek, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Aromanya harum dan rasanya manis. Tanaman sirsak ratu dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Khasiat Sirsak Ratu

  • Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan sakit kepala seperti migrain

  • Mengandung zat emesis

 Biji buah sirsak mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

  • Menjaga kesehatan tulang

 Selain mengandung fosfor dan kalium buah sirsak diperkaya mineral lain yakni tembaga yang membantu penyerapan kalsium dan tulang sehingga tulang anda tetap tercukupi nutrisinya.

  • Melancarkan buang air kecil

 Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. sel darah putih dalam urin serta penyakit hati ringan.

  • Mencegah kanker

Annonaceous Acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun,biji dan batang sirsak. zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous Acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar prostat, paru-paru dan sebagainya.