SEREH DAPUR (Cymbopogon citratus)

Tumbuhan yang masuk ke dalam famili rumput-rumputan atau Poaceae dikenal dengan istilah Sereh dapur (Cymbopogon citrates). Tanaman ini dikenal dengan istilah Lemongrass karena memiliki bau yang kuat seperti lemon, sering ditemukan tumbuh alami di negara-negara tropis. Cymbopogon citratus tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50 – 2.700 m dpl. Tumbuh pada berbagai kondisi tanah di daerah tropika yang lembab, cukup sinar matahari dan dengan curah hujan yang relatif tinggi. Kandungan sereh dapur antara lain Sitronelal 32-45%, Geraniol 12-18%, Sitronelol 11-15%, Geranil asetat 3-8%, Sitronelil asetat 2-4%, Sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, dan kamfen.

Khasiat Sereh Dapur

  1. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 g sereh mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh sereh yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

  1. Obat Gangguan Pencernaan

Teh yang mengandung sereh membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus, dan diare. Sereh juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

  1. Detoksifikasi

Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ penceraan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah
  2. Mengobati Diabetes
  3. Merawat Kulit Agar Tetap Indah

Ramuan Minuman Sereh Dapur

  1. Sediakan seperempat cangkir serai yang telah di iris, seperempat irisan daun mint, teh daun atau teh celup untuk takaran segelas.
  2. Rebus serai dan daun mint kedalam 3 cangkir air dengan api kecil, tunggu beberapa saat hingga air menjadi satu cangkir.
  3. Pindahkan ramuan yang telah selesai ke wadah tersendiri.
  4. Selagi panas, tambahkan daun teh dan tutup selama beberapa menit hingga aroma keseluruhannya meresap. Sangat baik diminum dalam kondisi hangat.
  5. Jika tidak ada daun mint, bisa diganti dengan kayu manis. Manfaat daun teh untuk mencegah demensia, teh mencegah gangguan tulang sumsum.