SEMBUNG

                            Tanaman sembung adalah tanaman tradisional yang telah terbukti khasiatnya sejak zaman nenek moyang kita. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Blumea balsamifera ini termasuk tanaman perdu atau semak yang biasanya tumbuh liar di dataran-dataran rendah serta tersebar di Indonesia dan seluruh Asia tenggara. Bagian tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional adalah daun dan akar. Kandungan tanaman sembung diantaranya minyak atsiri sineol dan borneol, kamper, zat samak (tatin), dan flavanol yang berkhasiat sebagai anti radang, menghambat pertumbuhan kuman, melancarkan peredaran darah, mengencerkan dahak, menghangatkan tubuh, mempermudah pengeluran keringat, dan mempermudah keluarnya air seni. Di masyarakat sendiri, tanaman ini lebih terkenal untuk mengatasi masalah nafsu makan.

                  Untuk mengatasi masalah nafsu makan, tanaman ini dapat diolah dengan cara mengambil 6 helai daun sembung, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa menjadi 1 1/2 gelas, setelah dingin saring untuk diambil airnya. Air rebusan daun sembung ini diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Bisa ditambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa pahit dari air tersebut.

                  Selain untuk mengatasi masalah nafsu makan, manfaat lain dari tanaman sembung ini diantaranya untuk mengatasi gatal – gatal, demam, flu, meningkatkan empedu, mengatasi nyeri haid dan haid tidak teratur, obat reumatik, perut kembung, dan diare.