Sambiloto

Tanaman sambiloto banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan beberapa daerah di benua Amerika. Tanaman sambiloto sudah menjadi sebuah tumbuhan yang dikenal luas memiliki khasiat sebagai obat herbal. Tanaman Sambiloto ciri-cirinya berdiri tegak dengan ketinggian hingga 90 cm. Sambiloto terutama mengandung andrographolide, yang paling banyak terdapat di bagian daun. Zat inilah yang menyebabkan Sambiloto memiliki rasa yang pahit. Beberapa zat kimiawi lainnya yaitu andrographan, diterpen lactone, homoandrographolide, andrographosterin, andrographon, dll.
MANFAAT DAUN SAMBILOTO BAGI KESEHATAN
1) Mengatasi flu biasa
2
) Daun sambiloto untuk penyakit diabetes

Gejala-gejala Diabetes

  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Sering merasa haus dan lapar (yang tidak wajar)
  • Sering mengantuk
  • Merasa gatal-gatal dan kesemutan.
  • Kulit kering
  • Rentan timbul borok dan bisul
  • Luka sulit sembuh.
  • Berat badan terus menurun secara tidak wajar
  • Muah lelah dan tidak bertenaga.
  • Gairah seks menurun.

3) Mengobati disentri
Campurkan air perasan dari 500 gram herba krokot, yang sebelumnya diuapkan lalu ditumbuk dengan 10 gram daun sambiloto kering. Aduk hingga merata, lalu bagi menjadi tiga porsi, guna diminum 3X dalam 1 hari, yaitu pagi, siang, sore atau malam.

4) Pengobatan kanker
andrographolide (senyawa yang terdapat di dalam daun sambiloto) berfungsi untuk menghambat sel tumor dan kanker. Kemampuan anti-kanker yang tekandung pada sambiloto terungkap dalam percobaan tersebut. Sambiloto terbukti melawan sel kanker skuamosa dan sel-sel limfosit yang sudah terkena leukemia. Penelitian lain di Jepang, menemukan hasil bahwa tanaman Sambiloto mampu menghentikan aktifitas sel kanker lambung.

Pada penelitian lainnya, sambiloto terbukti mampu menghambat pertumbuhan tumor.
Cara pengobatan : Siapkan daun Sambiloto yang masih segar, lalu direbus hingga mendidih. Konsumsi air rebusan daun Sambiloto tersebut (setelah mendingin) sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
Hal yang paling penting, rutin berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mengontrol kondsi penyakit kanker yang diderita.

5) Mengobati sakit kepala
Cara membuat ramuannya : pertama-tama tumbuk 1 genggam daun sambiloto, lalu campur dengan ½ gelas air. Peras airnya lalu minum sekaligus. Adapun, ampas dari daunnya bisa dipakai sebagai tapal badan untuk menurunkan suhu badan.

6) Sebagai obat kencing manis
Caranya membuat ramuannya: Siapkan ½ genggam daun sambiloto, lalu cuci hingga bersih (cuci dengan air mengalir). Rebus daun dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah itu saring. Minum air perasan tersebut, dibagi tiga bagian yaitu untuk pagi, siang, dan sore / malam.

7) Mengobati penyakit malaria
Caranya membuat ramuannya: Siapkan satu genggam daun sambiloto, lalu cuci hingga   bersih. Rebus daun sambiloto dengan empat gelas air. Biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa 2 gelas air. Saring dan minum air ramuan tersebut 3 kali sehari (masing-masing ½ gelas).

Penggunaan daun sambiloto untuk bagian luar
Caranya : Cuci daun sambiloto lalu haluskan daun hingga benar-benar halus,letakkan daun yang telah dihaluskan di dalam bahan kain yang halus. Aplikasikan ke kulit bagian luar dan diamkan selama beberapa menit pada bagian kulit atau wajah

Efek samping daun sambiloto
Ramuan obat daun sambiloto aman jika diminum dengan dosis tepat (tidak berlebihan) dan hanya dalam jangka pendek, hal ini berlaku baik itu pada orang dewasa maupun anak-anak. Penting untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daun sambiloto (termasuk air rebusannya), serta jangan menggunakan dalam jangka panjang, karena bisa menyebabkan efek samping berupa kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, sakit kepala, dan kelelahan. Daun sambiloto tidak boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil dan menyusui, karena bisa meningkatkan resiko  keguguran.

kunjungi http://www.serbaalami.co/ atau https://www.tokopedia.com/binagro-rara17/tanaman-sambiloto-andrographis-paniculata dan https://www.tokopedia.com/binagro-rara17/serbuk-sambiloto-1-kg untuk penjualan secara online