Sage

Tanaman herbal telah digunakan oleh masyarakat kuno baik untuk kuliner maupun obat-obatan. Sage termasuk salah satu herbal yang dikenal sejak zaman Romawi kuno.

Sage merupakan bagian dari keluarga tanaman Lamiaceae (mint) bersama dengan herbal lainnya seperti oregano, rosemary, lavender, kemangi (basil), dan thyme.

Sage berasal dari Mediterania dan Eropa selatan-timur. Nama ilmiah sage yaitu Salvia officinalis berasal dari bahasa Latin “salvere” yang berarti “diselamatkan.”

Bunga sage biasanya berwarna biru, ungu, merah muda, atau putih dengan aroma yang menyenangkan. Seluruh bagian tanaman sage juga memiliki bau yang kuat dan rasa yang sedikit serta agak pahit karena mengandung minyak atsiri.

Karena memiliki banyak sifat baik untuk kesehatan, sage menjadi herbal legendaris yang sering digunakan untuk ramuan tradisional di Eropa dan Cina.

Selain itu, karena aroma unik yang dimilkinya, sage juga digunakan sebagai aroma dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Jenis-jenis Sage

Ada banyak varietas dari sage, berikut adalah beberapa varietas yang paling umum ditanam untuk tujuan pengobatan atau kuliner:

> Clary Sage

Clary sage memiliki ciri daun yang sangat aromatik dan banyak digunakan sebagai obat kumur dan parfum.

> Three-Lobed Sage

Sage varietas ini memiliki batang semak yang besar dengan daun yang berlobus. Three-Lobed sage berasal dari negara-negara Mediterania dan merupakan herbal yang sering digunakan untuk membuat teh sage.

> Pinneapple Sage

Daun sage segar dari varietas ini digunakan untuk menambah rasa pada minuman dan makanan penutup.

> Azure Sage

Sage varietas ini berasal dari Meksiko. Azure sage merupakan tanaman sage dengan bunga berwarna biru dan digunakan sebagai herbal panacea.

Manfaat Sage untuk Kecantikan Kulit

Senyawa kimia, minyak esensial, dan vitamin yang terkandung dalam sage bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan indah.

  1. Sage untuk Anti-Aging (Anti Penuaan)

Antioksidan yang terkandung dalam sage dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus, dan flek-flek hitam.

Antioksidan ini memberikan perlindungan pada kulit terhadap radikal bebas yang merusak sel-sel kulit sehingga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit.

Sage kaya akan kalsium dan vitamin A yang melindungi kulit terhadap serangan radikal bebas dan membantu regenerasi sel, serta meminimalkan dan menunda timbulnya kerutan pada wajah.

  1. Sage untuk Mengobati Masalah Kulit

Sifat antibakteri yang dimilki sage dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Selain itu, sage juga memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan jerawat serta meringankan gejala eksim dan psoriasis.

  1. Toner untuk Kulit Berminyak

Manfaat minyak sage yang digunakan sebagai toner sangat baik karena dapat mengatur produksi sebum pada kulit berminyak.

Anda dapat membuat toner sendiri dengan merebus sesendok penuh daun sage dengan 250 ml air. Diamkan selama 30 menit kemudian saring air rebusan tersebut. Oleskan pada wajah setelah dingin.

Manfaat Sage untuk Kesehatan & Kecantikan Rambut

Daun sage maupun ekstraknya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari sage untuk rambut:

  1. Sage untuk Mengatasi Rambut Rontok

Sage telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Sage mengandung beta-sitosterol, 5-alpha reductase senyawa yang diketahui efektif dalam mengobati kebotakan pada laki-laki.

Disarankan untuk mencampur 3-4 tetes minyak esensial sage dengan minyak esensial rosemary dan minyak esensial peppermint dalam jumlah yang sama, kemudian encerkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Pijatkan campuran minyak esensial sage ini ke kulit kepala, lakukan dua kali sehari.

  1. Sage untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kombinasi sage dan rosemary sangat baik untuk membuat rambut menjadi lebih tebal, lebih bersinar, dan lebih kuat.

Sage sangat efektif mendorong pertumbuhan rambut baru karena meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan memberikan lebih banyak nutrisi untuk folikel rambut.

Rebus daun sage dan rosemary, setelah dingin gunakan untuk membilas rambut. Membilas rambut dengan air rebusan herbal ini dapat meningkatkan kualitas rambut serta merevitalisasi rambut kering dan menipis.

Dapat digunakan setiap hari selama satu minggu atau 1-2 kali seminggu untuk menjaga rambut tetap bersinar dan tebal.

Air rebusan sage dan rosemary juga berfungsi sebagai astringent yang dapat mengurangi ketombe dan mencegah folikel rambut tersumbat.

  1. Sage untuk Rambut yang Bersinar

Teh sage dapat digunakan untuk membilas rambut sehingga membuat rambut menjadi harum dan bersinar.

Siapkan 1 sendok makan daun sage kering dan rebus dalam secangkir air. Setelah dingin, dapat digunakan untuk membilas rambut. Teh sage juga bermanfaat untuk menangkal munculnya ketombe.

  1. Sage untuk Menghaluskan Rambut

Sage dapat digunakan sebagai lotion untuk membuat rambut mudah diatur dan memperbaiki tekstur rambut.

Cukup campurkan segenggam daun sage dengan rosemary dalam jumlah yang sama. Rebus dalam air sekitar 180 ml, didihkan selama 3 menit.

Diamkan selama selama 3 jam, kemudian pijat rambut dengan campuran ini sebelum agar rambut lebih halus dan mudah diatur.

  1. Sage untuk Menggelapkan Warna Rambut

Sage dapat digunakan untuk menggelapkan dan mengintensifkan warna rambut. Gunakan air randaman sage sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

Air rendaman daun sage segar dapat menggelapkan rambut beruban serta mempertegas warna rambut cokelat atau hitam dan membuatnya bersinar.