Saga Rambat

on

SAGA RAMBAT

            Saga adalah tanaman perdu dengan daun majemuk berbentuk bulat telur berukuran kecil serta memiliki bunga ungu muda dengan bentuk seperti kupu-kupu serta memiliki buah polong berisi biji berwarna merah dengan titik hitam mengkilat dan licin. Biji saga mengandung racun yang disebut abrin sehingga tidak dimanfaatkan untuk pembibitan.

Kandungan Zat Tanaman Saga :

Daun saga yang berasa manis mampu mengatasi sariawan. Daun maupun akar mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, Kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. Bagian daun, batang serta biji saga mengandung senyawa saponin dan flavonoid. Sedangkan batangnya mengandung senyawa polifenol, biji mengandung abrin yang beracun serta tannin serta akar saga yang mengandung senyawa alkaloid, saponin dan polifenol.

Ramuan Obat dari Saga

  • Mengobati penyakit amandel

Akar saga secukupnya dan 1 potong kayu manis ditambah dengan gula batu secukupnya kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tunggu hingga air tinggal separuhnya, kemudian saring dan minum 2 kali sehari 1 gelas di pagi dan sore hari.

  • Mengobati radang mata

1 genggam daun saga digiling halus kemudian direbus dengan 2 gelas air untuk diambil uapnya. Uap air daun saga kemudian dipakai untuk tetes mata.

  • Mengobati sariawan

Daun saga secukupnya dijemur beberapa menit hingga agak layu kemudian daun dikunyah-kunyah sampai halus sambil berkumur namun jangan sampai ditelan.

  • Penyehat dan penyubur rambut

Daun dan biji saga yang dibuat pasta bisa menyehatkan rambut dengan mengoleskan pasta tersebut ke kepala dan biarkan 1 jam kemudian keramas.

  • Mengobati radang tenggorokan

4 gram daun saga kering atau 7 gr daun saga segar dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin lalu disaring dan minum airnya. Bila suka bisa ditambahkan jeruk nipis atau madu sesuai selera.

  • Mengatasi hipertensi

Beberapa genggam daun saga, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih dan daun kejibeling direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Lalu saring dan minum hingga tekanan darah stabil

  • Menjaga kesehatan jantung

8 gr daun saga dengan 10 gr daun sembung ditambahkan dengan 5 gr kencur lalu direbus dengan 400 ml air. Lalu minum air rebusan tersebut.

 

Bagi anda yang tidak ingin ribet mencari daun saga segar bisa juga membeli daun saga kering di https://www.tokopedia.com/binagro-rara17/daun-saga-kering atau serbuk daun saga di https://www.tokopedia.com/binagro-rara17/serbuk-daun-saga-1-kg dengan harga terjangkau dan kualitas tinggi.