Pegagan

on

PEGAGAN

Tanaman pegagan mempunyai warna bunga berwarna merah muda atau putih, mempunyai buah yang kecil menggantung serta mempunyai bentuk yang pipih atau lonjong dengan aroma yang wangi dan rasanya yang pahit. Pegagan termasuk tanaman yang tidak berbatang, namun mempunyai rimpang yang dengan ukuran pendek dan stolon-stolon yang merayap panjang rimpang berkisar antara 10-80 cm. Akar pegagan keluar dari bonggol serta banyak percabangannya dan bisanya dari percabangan tersebut berbentuk individu ataupun tumbuhan baru. Pegagan mempunyai daun tunggal, bertangkai panjang berkisar sekitar 5-15 cm, berbentuk menyerupai ginjal, bergerigi dan tersusun dalam roset yang terdiri dari 2-10 helai daun terkadang juga terdapat rambutnya.

Kandungan Pegagan :

Gllikosida triterpenoida, Isothankuniside, Hidrocotylin, Kalium, Carotenoid, Centellose, Madasiatic acid, Thankuniside, Glikosida saponin, Meso inosito, Brahmik acid, Madecassoside, Triternoid merupakan senyawa utama yang berfungsi untuk meingkatkan fungsi otak dan memberikan efek relaksasi atau menenangkan. Brahminoside yaitu merupakan protein yang mempunyai fungsi pentingterhadap sel otak. Asiaticoside yaitu merupakan senyawa yang berfungsi dala meningkatkan stimulasi sel darah dan siste imun. Tidak hanya itu, kandungan senyawa inipun berfungsi sebagai antibiotik alami.

Manfaat Pegagan :

Membantu saluran penernaan, menyembuhkan penyakit sinusitis dan flu, mengatasi jenis penyakit hepatitis dan tifus, mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, menghambat terjadinya keloid, enurunkan kolesterol, mengobati berbagai jenis penyakit seperti campak, demam, amandel dan sakit tenggorokan. Mengatasi penyakit wasir atau ambeien, membantu melancarkan sirkulasi darah, mengobati penyakit batu pada saluran kencing atau kencing batu.

Menurunkan gejala depresi serta meningkatkan fungsi mental dan kognitif yang lebih baik.

Mengatasi penyakit kulit, TBC,tipus, sengatan ular ataupun bisul. Mengobati penyakit cacingan atau mimisan, mengatasi gejala amnesia

Cara Membuat :

1 genggam Daun pegagan

5 batang batang tapak lima

½ genggam daun jintan hitam

1 sendok makan madu

1 gelas air putih ( 200 ml )

  • Cuci bersih semua bahan, lalu masukan dalam panci bersama satu gelas air.
  • Setelah itu rebus sampai mendidih.
  • Selanjutnya saring ainya dan beri campuran madu, aduk sampai rata.
  • Angkat dan minum air ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali pagi dan sore.