Legundi, Si Daun Super Penumpas TBC

Tahukah Kamu? penyakit TBC masih menjadi masalah kesehatan utama baik di dunia maupun di Indonesia. Di Indonesia, sekitar 75% penderita penyakit TBC adalah kelompok usia produktif (15-50 tahun). Oleh karena itu, penyakit ini cukup mengkhawatirkan semua kalangan.

Penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis ini membutuhkan pengobatan teratur jangka panjang. Selama ini, pengobatan apa yang kamu ketahui untuk menangani TBC? Obat-obatan kimia? Mengapa tidak coba tanaman herbal yang satu ini?

Ya, inilah Legundi. Tanaman dengan nama latin Vitex trifolia L ini mengandung ekstrak kloroform dan ekstrak metanol. Ekstrak kloroform mengandung flavonoid dan minyak atsiri. Sedangkan ekstrak metanol mengandung flavanoid dan saponin. Senyawa-senyawa tersebut bersifat antibakteri dan memiliki kemampuan membunuh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Lalu, bagaimanakah cara mengolah legundi sebagai obat TBC? Bagian tanaman legundi untuk dijadikan sebagai obat TBC adalah daunnya. Berikut cara mengolahnya:

  1. Cuci bersih 3/5 genggam daun legundi
  2. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas
  3. Setelah dingin, saring air rebusan
  4. Minum 3 kali masing-masing ¾ gelas.

Ramuan tersebut dapat diminum setiap hari sampai gejala TBC hilang. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk mengkonsumsi daun legundi dan ingin mencoba menanam di rumah, Agrowisata Herbal Binagro menyediakan bibit tanaman legundi berkualitas yang 100% organik. Jadi, pastinya aman dikonsumsi karena bebas dari bahaya kimia lain yang berbahaya. Harganya pun terjangkau. Untuk  kamu yang tidak mau repot – repot mengolah, jangan khawatir.. Kami pun menyediakan produk daun legundi yang 100% alami, seperti daun kering dan serbuk legundi. So, tunggu apa lagi.. Ayo kunjungi Agrowisata Herbal Binagro!!