KUNJUNGAN KOPERASI JAMU INDONESIA (KOJAI) SUKOHARJO MAKMUR

Alhamdulillah, Agrowisata Herbal Cabeyan kembali mendapat kunjungan dari Koperasi Jamu Indonesia (KOJAI) Sukoharjo Makmur. Kunjungan yang diikuti oleh Ibu- ibu dari Kampung Jamu yang telah senior dan berpengalaman di bidang jamu ini dilaksanakan dalam rangka untuk menambah ilmu tentang berbagai tanaman obat, mulai dari pengenalan tanaman, cara budidaya, khasiat, hingga proses pengolahan tanaman obat tersebut. Selain menambah ilmu tentang herbal, pihak KOJAI  juga dapat berkeliling kebun dan menikmati pemandangan.  Ini sangat cocok, mengingat kunjungan ini diikuti juga oleh anak – anak dan remaja.

Di Agrowisata Herbal Cabeyan dengan didampingi pemandu, pihak KOJAI dapat melihat secara langsung koleksi tanaman obat tak kurang dari 200 macam tanaman baik yang berasal dari spesies local maupun dari luar negeri. Selain itu, kunjungan ini juga bersamaan dengan panen bunga rosella dan bawang dayak sehingga pihak KOJAI dapat secara langsung melaksanakan praktek penanganan pasca panen tanaman herbal bersama para petani seperti  memisahkan bunga dan biji rosella serta membersihkan bawang dayak. Hal ini tentu sangat menarik, karena pihak KOJAI jadi tidak hanya terpaku mendengarkan materi dari pemandu tapi juga dapat mempraktekkan hal-hal yang sifatnya aplikatif sehingga ini memberikan inspirasi kepada mereka untuk berwirausaha di bidang herbal. Selain berkeliling kebun dan melaksanakan praktek penanganan pasca panen, mereka dapat membeli benih dan bibit tanaman herbal yang 100% organik.

Pihak KOJAI cukup antusias dan tertarik untuk mengikuti apa yang dicontohkan. Hal ini dapat dilihat dari testimoni yang disampaikan berikut ini :

 “Terimakasih kepada Bina Agro Mandiri yang telah mau berbagi pengalaman, pengalaman ini sangat mahal dan saya tanyakan kepada yang mengikuti kunjungan, mereka kesannya sama-sama senang.” (Ibu Murtejo). “Alhamdulillah, saya senang dengan kunjungan ini dan InsyaAllah apa yang dicontohkan oleh Bina Agro Mandiri sangat mudah ditiru dan sesuai dengan kemampuan teman-teman.” (Abah Fajar Janaaha).