Kina

Tanaman Kina atau dikenal dengan Nama latin : Cinchona Calisaya, sedangkan Nama lokal : Kina kalisaya. Pohon kina memiliki kulit yang terasa pahit. Tanaman ini termasuk tanaman yang menyerbuk silang dan hetezigot. Oleh karenanya hasil penyerbukan dengan bijinya sangatlah beragam. Tanaman kina kalisaya biasanya tumbuh liar dihutan basah serta hutan berlumut, pad pegunungan Andes, di ketinggian 1050 m hingga 1500 m diatas permukaan laut, terutama di daerah Peru bagian selatan dan Bolivia. Tanaman herbal Kina ini tumbuh subur pada lereng gunung dengan curah hujan diatas 2000 mm dalam setahun dan tersebar merata sepanjang tahun, dengan iklim lembab serta suhu antara 12 – 21 derajat celcius. Di daerah asalnya dipegunungan Andes tanaman ini menyebar ke wilayah Indonesia dan India. Untuk di daerah pulau Jawa biasanya tanaman ini dibudidayakan pada daerah pegunungan dengan ketinggian antara 800 sampai 1600 m diatas permukaan laut.

Kandungan Tanaman Kina

Tanaman Kina mengandung senyawa alkaloid penting, yaitu kinin, kinidin, sinkonin, dan sinkonidin.

Khasiat Tanaman Kina

  1. Menurunkan demam

Kulit pohon kina bisa dimanfaatkan sebagai penurun demam, jika anda atau anak anda mengalami demem tidak usah khawatir dan pergi ke mencari obat, cukup manfaatkan kulit pohon kina sebagai obatnya. Caranya cukup mudah, bersihkan kulit kina kemudian rebuslah. Tunggu hingga dingin kemudian seduhlah.

  1. Menyehatkan jantung

Kita juga bisa memanfaatkan pohon kina sebagai penjaga kesehatan jantung kita. senyawa alkkanoid yang ada di pohon kina snagat efektif dalam melindungi jantung dari berbagai gangguan tertuama ketika pembekuan darah, senyawa ini berperan untuk menghilangkap bakteri atau kuman yang menumpuk di pembuluh darah.

  1. Menyembuhkan penyakit malaria

Sudah tidak asing bahwa pohon kina bisa digunakan sebagai obat malaria. Mayoritas orang mengkonsumsi pohon kina untuk mengobati penyakit malaria. Kandungan alkaloid yang ada di dalam kulit pohon kini yaitu berupa alkaloid kinine sangat efektif dalam penyembuhan penyakit malaria. (Artikel terkait : manfaat bunga lavender dan manfaat jambu biji)

  1. Melindungi kulit dari serangan jamur

Kulit pohon kina sangat baik sebagai pelindung kulit dari debu, kuman dan pancaranm matahari serta kondisi lembab, karena sifatnya yang antijamur sanagt baik untuk perlindungan kulit.

  1. Penambah nafsu makan

Jika anak anda sulit makan, anda bisa gunakan kulit pohon kina atau ekstraknya yang dicampu dengan manfaat sayuran sehingga anak anda akan bersemangat untuk mekan dan memiliki nafsu makan yang tinggi.