kenanga

on

Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada dua formakenanga, yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Cananga odorata fa. macrophylla tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.

Kandungan Kenanga

Kenanga mempunyai kandungan zat kimia yaitu flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri.

Khasiat Kenanga

  1. Mengobati malaria

Penyakit malaria ternyata juga dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan bunga kenanga yang telah dikeringkan +/- 3 kuntum dengan air bersih sebanyak 200 cc. Setelah agak dingin saring lalu minum.

  1. Mengobati bronchitis

Bronkitis atau peradangan pada saluran pernafasan dapat diatasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari kembang kenanga yang direbus bersama dengan umbi bunga lili yang telah kering dengan beberapa cc air. Rebus hingga kadar air rebusan hanya tinggal separuhnya saja. Konsumsi ramuan tersebut selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Obat sesak napas

Gangguan sesak nafas yang terjadi akibat asma dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kembang kenanga sebanyak 15 gram dengan 200 cc air hingga airnya hanya tersisa +/- 100 cc saja. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Rematik encok

Mengatasi gangguan encok atau yang sering juga disebut sebagai rematik, biasanya menggunakan kembang kenanga yang belum mekar +/- 12 kuntum untuk kemudian ditumbuk halus bersama bahan lainnya seperti daun srikaya +/- 30 gram, daun ketapang +/- 20 gram, jahe +/- 20 gram, merica sebanyak 10 butir, serta kapur sirihuntuk kemudian diterapkan sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terasa sakit. Sebaiknya hal ini dilakukan minimal 2 kali dalam sehari.