Kelor

Berbagai Manfaat Kelor Bagi Kesehatan

Siapa yang nggak kenal dengan nama kelor??? kita semua pasti sudah mendengar pepatah yang berbunyi “dunia tak selebar daun kelor”. ya kelor itu jenis tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera, , berdaun kecil dan berbuah panjang. Ya saya yakin tidak semua orang mengenal pohon kelor meski sering mendengar namanya, tanaman ini tumbuh di semua daerah, meski demikian tanaman kelor tidak begitu familiar di mata masyarakat, baik di desa maupun di kota, tanaman ini biasa hanya di anggap sebagai tanaman pagar dan di percaya dengan mitos pengusir dari ngangguan makhluk halus. Namun di beberapa daerah tanaman ini di jadikan sayur yang bisa di konsumsi setiap hari.

Adapun mamfaat dari kelor.

  1. Daun

Manfaat khasiat daun kelor utuk mengobati penyakit, diantaranya adalah:

– Sakit kuning                       –  Rematik, nyeri dan pegal linu

– Luka bernanah                   –  Rabun ayam dan sakit mata

Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C. Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buahan yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk. Daun kelor mengandung potassium. Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang. Daun kelor kaya akan Vitamin A. Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare, dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel. Daun kelor mengandung kalsium. Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri),kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak.

  1. Manfaat  Bunga

Antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguansaraf, sumber nutrisi, dan tonik.

  1. Manfaat Biji Kelor

Antimikroba, antibakteri, kutil, penyakit kulit ringan, penjernih air, antitumor, sariawan lambung, demam, rematik, antiinflamasi, menaikkan kekebalan tubuh, sumber nutrisi, dan tonik.

  1. Kulit Batang Kelor

Mengatasi karang gigi, gangguan pencernaan, flu, sariawan, antitumor, rematik, detoksifikasi, penetralisir racun ular serta kalajengking, sumber nutrisi, alat kontrasepsi dan afrodisiak.

  1. Manfaat Akar Kelor

Antimikroba, karang gigi, flu, demam, asma, penguat jantung, antiinflamasi, rematik, bengkak kaki (edema), epilepsi, sakit kepala, afrodisiak, menjaga kesehatan organ reproduksi, penyegar kulit, mengobati penyakit ginjal, dan pembesaran hati (hepatamegali)

Di balik daunnya yang kecil, daun kelor ternyata mengandung khasiat yang begitu besar bagi kesehatan.