kecubung

on

Kecubung adalah tumbuhan berbunga anggota suku Solanaceae, tumbuhan ini masih sekerabat dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet yang besar. Kecubung biasanya berbunga putih dan atau ungu, namun hibridanya berbunga aneka warna. Diperkirakan tanaman ini pertama kali dipakai sebagai obat-obat pada abad kesepuluh. Kecubung ada yang berasal dari Asia Tenggara, namun ada juga yang berasal dari Benua Amerika. Kecubung tumbuh di tempat yang beriklim panas dan dibudidayakan di seluruh belahan dunia karena khasiat yang dikandungnya dan juga untuk tanaman hias. Pertama kali diperkenalkan oleh Linnaeus pada tahun 1753, tetapi secara botani masih belum tepat mengenai gambaran dan penjelasan tentang kecubung. Wilayah asal yang menjadi sumber tanaman ini tidak dapat diketahui secara pasti. Bagian-bagian kecubung, tetapi terutama bijinya, mengandung alkaloid yang berefek halusinogen.

Kandungan Kecubung

Kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid, terdiri dari atropine, hiosiamin dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina dan nikotina.

Khasiat Kecubung

  1. Mengatasi Asma

Mengatasi dan meringankan gejala asma atau yang sering disebut dengan sesak nafas. Cara menggunakannya ialah dengan merebus daun atau bunga dari kecubung yang masih segar dengan air secukupnya. Selanjutnya tunggu hingga mendidih dan hirup uap air dari didihan daun tersebut.

  1. Obat Bisul

Cara pemakaian menghaluskan daun yang masih muda kemudian ditapalkan pada area kulit yang ingin diobati.

  1. Menghentikan diare

Mengehentikan diare dengan mengkonsumsi akar beserta daun kering dari kecubung. Untuk porsi bias disesuaikan (jangan berlebihan). Rebus akar atau daun kecubung tersebut dan minum selagi hangat.

  1. Mengatasi Radang

Cara pemakaiannya dengan mengambil daun kecubung secukupnya, cuci dan haluskan. Selanjutnya bubuhkan pada area kulit yang terkena radang.