Kecombrang

on

Tanaman ini merupakan jenis tanaman rempah dengan nama latin Etligera elatior. Kecombrang memiliki bunga berwarna merah cerah dengan tinggi pohon hingga 5 meter. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan tanaman jahe atau lengkuas saat sudah tua. Daunnya tersusun berselang-seling dalam satu batang. Bunga kecombrang berbentuk seperti gasing dan bertangkai. Nama lain kecombrang adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thailand menyebutnya kaalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah). Kecombrang juga memiliki buah yang berbongkol mirip buah kelapa sawit, berbentuk bulat dengan rambut halus di bagian luarnya dan berwarna ketika sudah masak.

Kandungan Kecombrang

Bunga kecombrang memiliki kandungan zat aktif flavonida, saponin, fenolik, alkaloid, tannin, triterpenoid, glikosa, steroid dan polifenol yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap pada badan, membersihkan darah, dan memperbanyak ASI saat masa menyusui. Selain itu, bunga kecombrang juga mengandung antioksidan yang tinggi, anti-mikroba, vitamin dan juga mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Khasiat Kecombrang

  1. Membersihkan Darah

Manfaat kecombrang yang pertama adalah kemampuannya yang dapat membersihkan darah. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh dengan cara membersihkan darah. Sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga tidak ada organ tubuh yang terganggu akibat darah yang kurang bersih.

  1. Mengatasi Bau Badan

Khasiat kecombrang yang terdapat di bagian batangnya dapat dijadikan sebagai sabun, yang dapat menghasilkan busa dan bau yang wangi. Dengan begitu kecombrang dapat digunakan untuk mengurangi serta mengatasi bau badan yang Anda alami.

  1. Mencarkan ASI

Manfaat kecombrang untuk wanita menyusui yaitu dapat digunakan untuk melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu). Anda dapat mengkonsumsi bunga kecombrang baik diolah sebagai rempah atau menjadi lalapan yang bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

  1. Mengatasi Beragam Masalah Kulit

Bunga kecombrang dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah pada kulit seperti penyakit campak, cacar, dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan karena kekurangan vitamin, virus, maupun dikarenakan bakteri.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Bunga kecombrang mengandung berbagai mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dan mineral yang terkandung di dalamnya juga dapat digunakan untuk menguatkan gigi dan membentuk gigi yang kuat dan sehat.

  1. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah diketahui bahwa kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh Anda menjadi kurang fit. Salah satu cara untuk mempertahankan cairan tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi bunga kecombrang.

Hal ini dikarenakan bunga kecombrang mengandung air dan mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan atau karena cuaca yang panas.