Kantil

on

Pohon kantil mempunyai tinggi yang mampu mencapai 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu. Pada ranting-ranting pohon cempaka putih biasanya ditumbuhi bulu-bulu halus berwarna keabu-abuan. Daun kantil (cempaka putih) tunggal berbentuk bulat telur dan berwarna hijau. Tangkai daun lumayan panjang, mencapai hampir separo panjang daunnya. Kantil (Michelia alba) mempunyai bunga berwarna putih yang mempunyai bau harum yang khas. Tanaman yang dimitoskan sebagai rumah kuntilanak ini jarang ditemukan mempunyai buah karena itu perbanyakan dilakukan secara vegetatif.

Pohon kantil (cempaka putih) tersebar mulai daratan Asia beriklim tropis hingga beberapa pulau di kawasan Pasifik. Di Indonesia, tanaman ini yang menjadi flora identitas provinsi Jawa Tengah ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Habitat tumbuhan kantil meliputi daerah beriklim tropis pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.600 meter dpl.

Kandungan Kantil

Bunga Kantil mengandung banyak sekali zat-zat kimia alami yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti benzoic, cineol, benzaldehid, alkaloid, isoeugenol, p-kresol metal eter, minyak dan alcohol benzyl.

Khasiat Kantil

  1. Dapat mengobati gangguan vertigo

Vertigo merupakan gangguan kesehatan dimana penderitanya akan mengalami sensasi berputar-putar. Hal ini bisa diatasi dengan jalan merebus sekitar 5 hingga 7 kuntum bunga kantil yang telah kering dengan menggunakan +/- 500 ml air bersih. Rebus hingga air tinggal +/- 200 ml lalu konsumsi hasil rebusan bunga kantil tersebut selagi dalam kondisi hangat.

  1. Dapat membantu mengobati perut kembung

Gangguan perut kembung yang pasti terasa tidak nyaman dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari bunga kantil. Caranya adalah dengan merebus +/- 5 kuntum bunga kantil yang dicampur dengan jahe +/- 5 gr, 3 butir kapulaga, serta 5 gr kulit jeruk mandarin yang telah kering bersama dengan +/- 700 ml air bersih. Rebus beberapa saat hingga air hanya tinggal +/- 300 ml saja. Konsumsi ramuan tersebut pada saat kondisi air masih hangat.

  1. Membantu mengobati batuk

Batuk rejan maupun batuk berdahak dapat diobati dengan menggunakan ramuan yang berasal dari bunga kantil, jahe, serta kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan. Rebus semua bahan dengan menggunakan beberapa cc air bersih hingga airnya hanya tinggal separuhnya saja. Sebelum diminum, ramuan tersebut dapat juga ditambahkan dengan madu, untuk menambag rasa manis. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari masing-masing 150 cc.