Kaliandra

on

Kaliandra merupakan salah satu leuguminosa pohon atau semak yang memiliki beberapa spesies, satu diantaranya yang paling banyak dikenal adalah jenis kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus). Kaliandra termasuk dalam familia Leguminoseae dan sub familia Mimosaceae. Tanaman yang berbentuk perdu (semak) ini, memiliki batang berkayu, bertajuk lebat, dan dapat mencapai tinggi 45 meter serta akarnya dapat mencapai kedalaman 1,5 – 2 m.

Tanaman kaliandra dapat tumbuh pada semua jenis tanah, tahan pangkasan, cepat bersemi dan lebat, sistem perakaran dalam dan mampu membentuk bintil akar (bintil akar dapat mengikat nitrogen yang dapat menyuburkan tanah). Habitat asli pertumbuhan kaliandra adalah rata-rata curah hujan 700 – 3000 mm/tahun dengan 1 – 7 bulan kering.  Namun adaptasi terbaik di Indonesia adalah curah hujan lebih dari 1000 mm/tahun. Tumbuh baik pada tekstur tanah ringan, masam dan kurang subur, karena bersimbioses dengan rhizobium dan jamur mikoriza.

Kandungan Kaliandra

Hijauan PK, EK (kkal/kg), SDN, Lingin, Abu, Ca, Protein

Khasiat Kaliandra

Madu kaliandra adalah jenis madu dari ternak lebah yang ditempatkan di areal hutan pohon kaliadra. Bunga kaliandra termasuk nektar bunga yang kaya akan nutrisi baik vitamin, mineral maupun enzim yang sangat berfanfaat untuk kesehatan manusia.

Dengan kayanya kandungan nutrisi nektar bunga kaliandra, maka jenis madu yang dihasilkannya pun sangat luar biasa manfaat dan khasiatnya. Khasiat madu kaliandra yang paling utama adalah meningkatkan hormon dan memperbaiki metabolisme tubuh.