Kacang Hijau

on

Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-ondebakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam buburTepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.

Kandungan Kacang Hijau

Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Maka kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah. Kacang hijau juga mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Khasiat Kacang Hijau

  1. Memulihkan kesehatan anak:

Sop kacang hijau dicampur kaldu ayam. Diberikan pada penderita beberapa kali seminggu.

  1. Mengobati hepatitis

Sama seperti resep untuk memulihkan kesehatan anak.

  1. Mengobati terkilir

Segenggam kacang hijau mentah ditumbuk halus. Beri sedikit air. Ditempelkan pada bagian yang terkilir. Atau: tepung kacang hijau mentah ditumbuk dengan sereh, diberi sedikit air, ditempelkan pada bagian yang nyeri dan dibalut.

  1. Menyembuhkan beri-beri

Secangkir kacang hijau dicuci, dimasak dengan 2 cangkir santan kelapa dan gula aren, sampai menjadi bubur yang kental. Dimakan 2x sehari hangat-hangat.

  1. Menyembuhkan demam nifas

Sama dengan resep  untuk menyembuhkan beri-beri.

  1. Menyembuhkan kepala pusing/vertigo

Secangkir kacang hijau dicuci. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Hangat-hangat airnya diminum, kacangnya dimakan 2x sehari.

  1. Memulihkan kesehatan

Kacang hijau dibuat bubur atau sop.