Jombang

on

Jombang adalah herba pendek, berbunga kuning dengan daun lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk. Bunganya sebetulnya adalah sekumpulan bunga kecil yang berkarang pada satu bongkol bunga, yang merupakan ciri khas suku kenikir-kenikiran (Asteraceae). Tanaman ini tumbuh pesat dan liar di kawasan lereng gunung, lapangan maupun di pinggir jalan yang yang berhawa sejuk. Tanaman Jombang berasal dari Eropa dan Asia Barat namun telah tersebar ke banyak tempat, bahkan kadang-kadang mendominasi suatu padang terbuka. Tanaman Jombang dapat memperbanyak diri secara aseksual.

Bentuk daun tanaman Jombang bergerigi, mempunyai warna hijau agak terang dan bunganya bewarna kuning, mirip dengan bunga Chrysant. Tanaman ini mempunyai tinggi mencapai 10 hingga 25 cm. Di seluruh bagiannya mengandung cairan seperti susu. Pada pangkal daun agak sempit sekitar 6 sampai 15 cm, mempunyai lebar 2 sampai 4 cm. Seluruh permukaan daunnya yang hijau dilapisi dengan rambut halus lembut berwarna putih.

Kandungan Tanaman Jombang

Tanaman Jombang mengandung polisakarida dalam jumlah banyak utamanya fruktosa dan inulin, dalam jumlah sedikit pektin, peptin, resin dan musilago, dan berbgai flavonoid. Tiga jenis glikosida flovonoid yaitu luteolin 7-glukosida dan luteolin 7-diglukosida disolasi dari daun dan bunga daun Jombang. Selain itu, tanaman Taraxacum officinale juga mengandung asam kafeat, asam kicorat, pollinastanol, taraksasterol, tarakserol, flavosanthin, lutein 5,6-epoksida, isorhamnetin 3,7-diglukosida, ixerin D, deepoksineosanthin, 11-beta,13-dihidrolaktusin.

Khasiat Tanaman Jombang

  1. Kanker

Kanker di bagian paru-paru, serviks, uterus dan gusi. Cara pemakaiannya, cuci bersih 30 g tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus. Ulangi dengan cara yang sama 2 kali sehari.

  1. Luka Bakar dan Tersiram Air Panas

Tumbuk 60 g akar segar hingga halus, lalu peras. Oleskan air perasan pada bagian yang luka.

  1. Maag Kronis

Cuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

  1. Memperbanyak Asi dan Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Potong kecil-kecil 30 g akar atau rimpang jombang segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring lalu peras air rebusan dan bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore masing-masing satu bagian.