Johar

Tanaman johar adalah tanaman pohon tahunan yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman johar ini dapat ditemukan di tepi jalan, halaman depan rumah, tepi hutan dan lain-lain. Nama latin tanaman johar adalah Cassia Siamea Lamk. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman johar memiliki nama black-wood cassia, Bombay blackwood, kassod tree, dan Siamese senna. Menurut sejarah tanaman johar ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan Selatan. Ciri-ciri tanaman johar ini mempunyai daun yang kecil-kecil dengan bunga yang berwarna kuning. Tanaman johar merupakan kebarabat dekat dari tanaman ketepeng cina.  Fungsi dan kegunaan tanaman johar ini digunakan sebagai tanaman peneduh tepi jalan karena tanaman johar tumbuhnya cepat dan daunnya yang mudah dibersihkan. Namun yang jarang kita ketahui tanaman johar ini ternyata memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

 

Kandungan  Johar

Tanaman johar mengandung alkoloid, barakol, flavonoid, steroida, antrakinon, interpenoid, dan tanin. Pada bagian akar tanaman johar mengandung lupeol, betalin dan diantrakinon. Sedangkan pada biji tanaman johar mengandung sitosterin dan minyak lemak.

 

Khasiat Johar

  1. Obat malaria

Manfaat daun johar yang paling populer adalah sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati malaria. Malaria merupakan salah sat jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus yang disebarkan oleh nyamuk bernama nyamuk anopheles.

Untuk memperoleh khasiat dari daun johar dalam mengobati malaria, anda dapat mencoba resep berikut ini :

Siapkan daun johar kira-kira 1 – 2 genggam

Cuci bersih daun johar tersebut

Rebus daun johar hingga mendidih, bersama dengan kira-kira 200 – 25- ml air

Minum air hasil rebusan dari daun johar tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari

  1. Baik untuk penderita diabetes

Daun johar ternyata juga memilki manfaat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Daun johar mampu untuk mengontrol kadar insulin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah gejala dari penyakit diabetes yang dialami oleh penderitanya.

  1. Menyembuhkan kencing manis

Kencing manis mesupakan salah satu gejala yang muncul karena penyakit diabetes. Dengan memanfaatkan daun johar, maka anda akan terhindar dari gejala kencng manis ini. Bagaimana mengolah daun johar untuk mengobati kencing manis? Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati kencing manis dengan menggunakan daun johar :

Ambilah segenggam daun johar, lalu kemudian cuci bersih

Rebus daun johar hingga mendidih dengan satu gelas air

Tunggu hingga airnya berkurang sedikit, setelah itu saring

Minum air hasil rebusan tersebut 2 kali dalam sehari

  1. Mencegah kerusakan hati

Dengan menggunakan cara yang sama seperti ketika anda mengolah daun johar untuk obat malaria dan juga kencing manis. Anda dapat memperoleh manfaat baik lainnya dari daun johar, yaitu untuk mencegah kerusakan hati. Senyawa kimia yang terkandung dalam daun johar mampu mencegah kerusakan jaringan hati akibat racun di dalam tubuh.