Jeruk Siam Pontianak

on

Jeruk siam hanya meupakan bagian kecil dari sekian banyak spesies dan varietas jeruk yang sudah dikenal dan dibudidayakan. jeruk siam mempunyai ciri khas kulit buah tipis (sekitar 2 mm), permukaannya halus, licin, mengkilap dan menempel lekat dengan daging buahnya. biji buahnya berbentuk ovoid, warnanya putih kekuningan dengan ukuran sekitar 0,9cmx0,6cm, dengan jumlah biji per buahnya sekitar 20 biji. Daging buahnya lunak dengan rasa manis dan harum. Varietas jeruk siam mamiliki bentuk dan ukuran daun yang bisa dibedakan dari jenis jeruk lainnya. bentuk daunnya oval dan berukuran sedikit lebih besar dari jeruk keprok garut. ukuran daunnya sekitar 7,5 cm x 3,9 cm. dan memiliki sayap daun kecil yang berukuran sekitar 0,8cm x 0,2cm. ujung daunnya agak terbelah, sedangkan bagian pangkalnya meruncing. urat daunnya menyebar sekitar 0,1cm dari tepi daun. antara batang dengan daun dihubungka oleh tangkai daun dengan panjang sekitar 1,3cm. bentuk dan warna bunganya cukup menarik. ukurannya yang kecil mungil dengan warna putih segar seperti bunga melati.

Kandungan Jeruk Siam

Beberapa kandungan gizi dalam jeruk ini yaitu kalori, potassium, fiber, gula, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, besi, vitamin D, vitamin B6, dan magnesium.

Khasiat Jeruk Siam

  1. Meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan fungsi otak di dukung oleh kandungan vitaminnya terutama vitamin B9. Vitamin ini merupakan jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ otak dan membuatnya berfungsi lebih optimal untuk merespon apa yang tubuh lakukan atau rasakan

  1. Menjaga sistem imun

Hampir semua jenis jeruk mengandung vitamin C, termasuk jeruk siam. Kandungan vitamin C nya mampu menjadi sumber buah yang menjaga sistem imun. Tubuh lebih kebal dari penyakit dapat menjaga kesehatan organ.

  1. Menyehatkan jantung

Buah jeruk siam akan memberikan nutrisi yang tepat pada jantung dan bergizi jika dikonsumsi setiap hari

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Jeruk siam dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan yang dimilikinya.