Jeruk Nipis

on

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3-6 m, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni. Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok.

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat, asam amino (triptofan dan lisin), minyak atsiri (sitral, limonene, falandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, aktilaldehid, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid), dammar, glikosida, aam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan belerang.

Khasiat Jeruk Nipis

  1. Obat batuk

Air perasan jeruk nipis, kemudian ditambah gula batu, lalu di aduk sampai rata. Diminum 1 kali sehari sampai si penderita sembuh.

  1. Mengatasi haid kurang lancar

Siapkan 3 sendok makan air jeruk nipis, tambahkan satu sendok makan madu dan seduh dengan 2 gelas air panas. Minum selagi hangat, 3 kali sehari.

  1. Mengurangi vertigo

Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis, ditambah 1 sendok air jeruk nipis. Balurkan pada tengkuk, dahi, dan pelipis 2 kali sehari.

  1. Menghilangkan panu dan kurap

Bersihkan segenggam akar landep dan tumbuk halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu. Gunakan perban untuk membalut luka. Gantilah perban 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Meredakan ambeien

Ambil beberapa potong akar jeruk nipis. Bersihkan dari tanah, kemudian direbus dengan setengah liter air hingga air tersisa separuhnya, saring dan minum airnya selagi hangat. Lakukan ini setiap hari, pada sorenya saat mau sitirahat.