Jeruk Chokun

on

Jeruk chokun sering dikenal dengan sebutan jeruk madu karena memiliki rasa yang sangat manis seperti madu. Bibit Jeruk Chokun salah satu tanaman buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Karakteristik jeruk ini mudah ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dapat dikebunkan dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam Jeruk Chokun Dalam Pot atau terkenal dengan istilah Tabulampot Jeruk Chokun. Perawatannya terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Jeruk Chokun berasal dari daerah chokun di Thailand. Chokun adalah nama satu daerah di Thailand yang memiliki perkebunan jeruk sangat luas. Jeruk chokun memiliki rasa sangat manis dan dikenal dengan nama jeruk madu. Jeruk chokun produktifitasnya sangat tinggi, buah jeruk ini merupakan salah satu jenis jeruk yang cocok ditanam di dataran rendah. Keunggulan lain dari jeruk chokun adalah  tahan terhadap penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration), hama penyakit yang disebabkan oleh virus yang merupakan pembunuh utama tanaman jeruk. Dengan keunggulannya tersebut menjadikan jeruk chokun sangat cocok untuk dibudidayakan.

Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Chokun adalah sebagai berikut:

  1. Kecepatan angin yang lebih dari 40-48% akan merontokkan bunga dan buah. Untuk daerah yang intensitas dan  kecepatan anginnya tinggi, tanaman penegak angin sebaiknya di tanam tegak lurus dengan arah agin.
  2. Jeruk memerlukan 5-6, 6-7 atau 9 bulan basah (musim hujan). bulan basah ini diperlukan untuk perkembangan bunga dan buah agar tetap lembab. Di Indonesia tanaman ini sangat memerlukan air yang cukup terutama di bulan-bulan Juli – Agustus.
  3. Temperatur optimal antara 25-30 derajat Celcius namun ada yang masih dapat tumbuh normal pada 28 derajat Celcius.
  4. Semua jenis jeruk tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari
  5. kelembaban optimal untuk pertumbuhan tanaman ini sekitar 70-80%.