Jambu Mete

on

JAMBU METE

Kandungan Kimia Jambu Monyet

Kulit Kayu  mengandung tannin, zat samak, asam galat dan gingkol katekin.

Daun mengandung tannin-galat, flavonol, asam anakardiol, asam elegat, senyawa fenol, kardol, dan metal kardol.

Buah mengandung protein, lemak, vitamin (A,B dan C), kalsium, fosfor, besi, dan belerang.

Pericarp mengandung zat samak, asam anakardat, dan asam elegat.

Biji mengandung 40-45 % minyak dan 21% protein.

Minyaknya mengandung asam oleat, asam linoleat, dan vitamin E.

Getah mengandung furfural.

Manfaat Jambu Mete :

  1. Mencegah anemia
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Menjaga kesehatan mata
  4. Mengobati asma
  5. Mengontrol tekanan darah
  6. Menurunkan resiko penyakit jantung
  7. Mengobati rematik

Ambil segenggam daun jambu mede muda, llau dicuci bersih dan diiris kasar. Rebus dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan minum. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas setiap kali minum.

  1. Sariawan

Cuci bersih segenggam daun jambu mede muda, dan sepotong kulit kayu jambu mede. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari. Jika ada sisanya bisa digunakan untuk berkumur.

  1. Radang tenggorokan

Ambil 5 buah semu jambu mede, lalu diparut dan peras airnya. Tambahkan 4 sendok makan air minum dan 2 sendok makan madu, aduk rata. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing 2 sendok makan setiap kali minum.

  1. Kencing manis (diabetes melitus)

15 gram kulit jambu monyet dicuci bersih, potong-potong seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas setiap kali minum.

  1. Mengobati sembelit

Cuci 10 gram kulit batang pohon jambu monyet lalu direbus dengan 2 gelas air. Setelah dingin airnya disaring dan diminum 2 kali sehari. Itulah manfaat jambu monyet dalam dunia pengobatan tradisional.

  1. Disentri, mencret, diare

Caranya, rebus segenggam daun jambu mete dan 1 potong kulit batang pohon jambu mete dengan 1,5 liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minum airnya 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Efek Samping Jambu Mete

Tanaman ini mengandung tannin, yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Kulit buahnya dapat menyebabkan dermatitis.

Tanaman ini juga mengandung minyak berwarna kuning muda yang rasanya manis (minyak acayu), terdiri atas 4O-50% kardol (tannin beracun) dan asam anakardia.

Minyak buah ini menyebabkan kulit terbakar atau menggelembung. Kasus terbanyak, bibir melepuh dan gatal jika memecah cangkang kacang mete dengan gigi.