Jamblang

JAMBLANG

Buah jamblang atau duwet mempunyai bentuk lonjong, dengan rasa sepat sedikit masam dan manis. Warna buah jamblang berubah dari hijau ketika muda, menjadi ungu kehitaman saat matang. Daging buahnya berwarna putih. Buah ini juga sering disebut jambu keling, sering dimakan sebagai buah segar. Jamblang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, sehingga sering dikonsumsi sebagai sari buah dan jeli.

Kandungan Aktif Jamblang :

Minyak atsiri, asam organik, alkaloid, triterpenoid, fenol, dan resin.

Manfaat Buah Jamblang :

Buah ini memiliki efek aromatik, sejuk, serta astrigen kuat. Manfaat jamblang termasuk untuk mencegah diabetes, menurunkan kolesterol jahat, peluruh kencing, mengobati batuk, mengatasi nyeri lambung dan diare. Daun jamblang memiliki antioksidan, anti inflamasi (peradangan), dan anti virus, menurunkan kadar gula darah, mengobati alergi, mengobati infeksi darah, dan menyembuhkan konstipasi. Kulit pohonnya bermanfaat untuk memperlancar menstruasi, serta mengobati sariawan dan diabetes. Biji jamblang sering digunakan untuk mengobati pembesaran limpa. Akar duwet dapat digunakan untuk mengobati penyakit epilepsi.

  1. Mengobati Asma

Masukkan 15 gram herba jamblang ke dalam sebuah mangkuk berisi air. Rebus airnya hingga mendidih. Setelah dingin, airnya diminum dan buahnya dimakan sekaligus. Cara ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari.

  1. Mengobati Batuk Kronis

Ambil 15 gram buah jamblang segar. Setelah dicuci dan dibuang bijinya, makanlah buah ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi Batuk Rejan

Sediakan 15 gram herba jamblang, empedu ayam betina, dan gula pasir. Selanjutnya semua bahan direbus hingga mendidih. Airnya dibiarkan dingin dan diminum sehari sekali.

  1. Mengobati Diare pada Anak

Sediakan 6 gram buah jamblang setengah matang dan 6 gram beras yang telah disangrai. Rebus ke dalam air sampai mendidih. Setelah dingin, makan buahnya. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

  1. Mengobati batuk akibat Tuberkulosis yang disertai dengan nyeri dada

Sediakan 30 gram buah jamblang segar dan 25 gram daun sembung segar. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong-potong, rebus ke dalam air hingga mendidih. Minum airnya setelah dingin, menjelang tidur malam.

  1. Mengobati Nyeri Lambung

Sediakan 30 gram herba jamblang tanpa biji, kemudian disangrai hingga berbau harum. Selanjutnya dimasukkan ke dalam mangkuk untuk ditim hingga matang. Anda dapat mengkonsumsi ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari, selama sepuluh hari.

  1. Mengobati Infeksi Darah

Sediakan akar pandan wangi sepanjang 3 jari tangan, 1 buah kelapa hijau, dan segenggam daun jamblang. Kedua bahan direbus bersama air kelapa hingga airnya mendidih. Minum airnya setiap hari, tanpa menyimpannya.

  1. Mengobati Sariawan

Siapkan daun dan kulit pohon jamblang, kemudian direbus. Gunakan airnya untuk berkumur, selagi hangat. Lakukan sebanyak 4 kali sehari.

  1. Mengobati Epilepsi

Sediakan 60 gram akar jamblang, kemudian dicuci dan direbus bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 1/5 gelas saja. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam 1 hari.

  1. Mengobati Diabetes Militus Cara pertama: Siapkan 60 gram kulit pohon jamblang untuk dicuci, kemudian rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa 1/5 gelas. Minum airnya sebanyak 2 kali sehari. Cara kedua: Tumbuk hingga halus, 3 biji jamblang. Kemudian direbus bersama dua gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya selagi hangat sekaligus. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.