OBATI ASAM URAT DENGAN JAHE MERAH

Jahe merah merupakan rempah berkhasiat yang banyak peminatnya karena kaya manfaat. Jahe merah bukan hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan namun dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah asam urat. Menurut penuturan Dr Raymond R. Tjandrawinata “Jahe memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu jahe telah dimanfaatkan sebagai ramuan penghangat badan sekaligus antiinflamasi”. Zat antiinflamasi dalam jahe merah berpotensi untuk melawan peradangan yang terjadi pada sistem persendian.

Asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas di persendian. Asam urat dapat menyerang semua persendian, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari, tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Penderita pada tahap ini tidak mampu bergerak secara leluasa.

ASAM URAT BEDA DENGAN REMATIK

Mayoritas masyarakat di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Rematik notabene adalah istilah umum yag dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Sedangkan, asam urat hanyalah salah satu penyebab nyeri pada persendian. Kenali gejala dan tanda asam urat agar mampu membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain. Banyak yang mengira kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia) maka akan terkena asam urat, namun hal ini tidak benar karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami asam urat.

RAMUAN JAHE MERAH SEBAGAI OBAT ASAM URAT

  1. Siapkan 2 siung jahe merah seukuran ibu jari
  2. Cuci jahe merah sampai bersih
  3. Potong dan geprek jahe merah
  4. Rebus potongan maupun geprekan jahe merah dengan segelas air
  5. Tambahkan 1 sendok madu murni
  6. Ramuan siap dikonsumsi (konsumsi secara rutin untuk hasil maksimal)

Jahe merah mengandung gingerol yang cukup tinggi yang mampu menyebabkan lambung menjadi panas dan teriritasi sehingga dapat membahayakan lambung.