Inggu

on

INGGU

Inggu (Ruta angusttifolia) adalah tanaman yang mempunyai habitat secara liar dan bisa ditemukan diladang, atau tanah lapang yang mempunyai paparan sinar matahari yang cukup. Tanamannya termasuk perdu mencapai ketinggian sekitar 1m. Batang sedikit berbulu halus dan mempunyai daun oval bulat telur dengan panjang dan diameter berkisar 3cm. Daun sendiri bercabang pendek, derseling dan terdapat 3 hingga helai daun dalam setiap tangkainya. Bunganya berwarna kuning cerah dengan tangkai memanjang dan kelopak bunga terbagi rata-rata dalam 4 helai. Ciri sepintas hampir menyerupai kacang tanah namun daun lebih kecil dan tebal.

Kandungan Kimia :

Katone, metilnoniketone, asam modic, rutin, xanthotoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena. Serta juga terdapat racun namun skalanya sangat kecil dan sangat jarang mengakibatkan orang keracunan.

Khasiat Tanaman Inggu :

  1. Bersifat analgesik yang sangat ampuh meredam rasa nyeri atau sakit.
  2. Bersifat diuretik yang berkemampuan untuk menrunkan demam atau panas.
  3. Meringankan gejala sakit kepala atau pusing.
  4. Menetralkan racun akibat makanan dan obat-obatan.
  5. Mengeluarkan cacing dalam tubuh sehingga sangat cocok untuk anak cacingan.
  6. Mengatasi kejang pada anak.
  7. Mempercepat penyembuhan luka khususnya akibat gigitan hewan (ular dan kalajengking).
  8. Menyembuhkan hepatitis atau penyakit kuning yang terkai dengan organ hati.
  9. Mengobati gejala sakit gigi seperti nyeri dan ngilu.
  10. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan khususnya radang paru, hati, dan memar.
  11. Melancarkan sirkulasi haid yang teratur.
  12. Mempercepat penuaan bisul.
  13. Mengencerkan dahak pada penyakit batuk.
  14. Meringankan sakit tenggorokan.
  15. Menyembuhkan radang bernanah pada permukaan kulit
  16. Obat herbal untuk ayan.
  17. Mengatasi kolik dan peradangan vena.

 

Cara Peramuan :

  • Sakit gigi : Siapkan daun inggu secukupnya kemudian lumatkan hingga halus, Selanjutnya cukup masukkan pada gigi yang berlubang atau sakit dan ditutup dengan kapas.
  • Pusing / sakit kepala : Ambil daun inggu secukupnya, tumbuk hingga halus dan tapalkan pada daerah wajah diatas pelipis.
  • Hepatitis : Larutkan ekstrak daun atau getah inggu dengan segelas air panas, tunggu hingga hangat kemudian minum.
  • Demam : Rebus selurh bagian tanaman yang sudah dicuci dengan air secukupnya hingga mendidih dan berubah warna. Kemudian saring dan ambil 1 gelas yang dicampur dengan 1sdm madu. minum 2x sehari hingga sembuh.
  • Ketombe dan kurap pada kulit kepala : Ambil daun inggu secukupnya, tumbuk dan tambah sedikit air. Untuk hasil yang maksimal bisa ditambah kunyit kemudian diperas hingga menghasilkan air. Selanjutnya tinggal oleskan pada area kulit kepala secara merata.
  • Kolera anak : Ambil 1 jari ranting tanaman inggu kemudian, 1 sdt air hangat dan garam secukupnya. Haluskan semua bahan, peras dan air perasan terebut bisa diminumkan pada anak.
  • Kejang pada anak : Sediakan daun inggu secukupnya kemudian rendam pada air cuka sekitar 30 menit. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk obat kompres.
  • Eksim dan luka : Siapkan 20 lembar daun inggu, 1 jari kunyit dan 1sdt beras putih. Haluskan semua bahan kemudian tapalkan pada area kulit yang luka atau eksim.