Iler

Khasiat Daun Iler untuk Pengobatan


Daun dan akar tanaman Iler mengandung saponin flavonoida, polifenol, minyak atsiri, karvakrol, eugenol, etil salisilat sehingga Berbagai jenis penyakit bisa diobati dengan menggunakan daun Iler, seperti ambeien, bisul, demam, sembelit, diabetes melitus, terlambat datang bulan, dan juga sakit perut.

1. Obat Ambeien
Rebus 17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo, 3 rimpang umbi kunyit (3 cm) dengan 5 gelas air sampai mendidih. Minum 1 kali sehari 1 gelas
atau
17 helai daun iler, 7 helai daun handeuleum (wungu/ungu), 1/2 cangkir daun pegagan/antanan gede, dicuci, haluskan, beri 1/2 gelas air, aduk. Saring dengan kain, minum sekali sehari.
atau
Rebus 17 helai daun iler dicuci dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sekali sehari.

2. Obat Bisul
Olesi daun iler dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian dipanggang. Dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian bagian yang bisul. Fungsinya untuk mempercepat pematangan bisul.

3. Obat Demam dan Sembelit
Rebus 1 potong daun dan batang iler dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Minum 2 kali sehari 1/2 gelas.

4. Obat Diabetes Melitus
Rebus tumbuhan iler lengkap (batang, daun, bunga) serta adas dengan 1 liter air sampai mendidih. Minum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

5. Obat Sakit Perut atau Perut Mulas
Rebus 3 potong akar iler dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum pagi dan sore.

6. Obat Sembelit pada Penderita Ambeien
Cuci dan rebus 10 helai daun iler dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum sekali sehari.

7. Obat Terlambat Datang Bulan
Rebus daun iler secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum menjelang tanggal bulan haid.

8. Obat Luka atau Borok
Beberapa helai daun iler dicuci, remas-remas sampai keluar cairannya, tempelkan pada luka. Ganti 3 kali sehari.

9. Obat Sakit Mata Merah
Untuk obat minum: 5 helai daun iler dicuci, rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal sengah.
Untuk ditempelkan: daun iler dicuci, agak diremukkan dengan tangan tapi tidak sampai hancur, lalu tempelkan ke mata yang sakit.

10. Untuk membersihkan darah pada hari terakhir haid
3 helai daun iler dicuci, sekelingking kunyit dicuci, kupas, lumatkan semuanya sambil diberi garam. Beri 3 sendok makan air, peras dengan kain. Cairan diberi sesendok teh air jeruk nipis.