Durian Monthong

on

Durian yang berasal dari Thailand ini cukup produktif, selain itu juga adaptif bisa ditanam di berbagai kondisi tempat. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi sampai maksimum 1000 mdpl, namun bertumbuh secara optimal di kisaran ketinggian 400-600 mdpl. Iklim Indonesia sangat cocok untuk tanaman durian ini, karena tanaman mendapat cahaya matahari sepanjang hari akan tetapi juga mendapat curah hujan yang cukup. Kondisi tanah yang lembab, gembur dan subur akan menjadi penunjang pertumbuhan tanaman durian ini secara optimal.

Penanaman tanaman buah durian monthong dapat dilakukan di lahan terbuka, yaitu dengan cara menggemburkan terlebih dahulu lahan yang akan ditanami, dengan dicangkuli tanahnya, hal ini dilakukan supaya unsur hara dalam tanah dapat keluar. hal penunjang lainnya dengan ditambahkan pupuk alami seperti pupuk kandang, dan dicampurkan dengan tanah. Jika sudah tercampur dan tanah menjadi gembur, lubangi tanah tersebut dengan ukuran 50x50x50 cm sebagai lubang tanamnya. Kemudian beri pupuk kandang dan dolomit ke dalam lubang tersebut lalu diamkan selama 2 minggu sebelum ditanami bibit.

Selang 2 minggu, bibit tanaman buah durian monthong siap ditanamkan. Tutupi lubang tanam dengan tanah dan sedikit dipadatkan. Lakukan penyiraman secara rutin agar media tanam terjaga kelembabannya. Sedangkan pemupukan bisa diberikan dengan pupuk alami dan buatan. Dengan pupuk NPK setiap 3 bulan sebanyak 200 gram, sedangkan pupuk kandang berikan setahun sekali dengan takaran secukupnya. Tanaman ini sudah dapat mulai berbuah di usia tanaman 3-5 tahun setelah bibit ditanam. Disarankan penanaman bibit tanaman ini dilakukan saat mulai musim penghujan.

Manfaat Dari Buah Durian Monthong, Antara Lain:

  • Menghangatkan badan, karena durian ini memiliki zat yang mirip dengan alcohol
  • Meningkatkan vitalitas pria
  • Mengandung antioksidan dan polyphenol yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker
  • Berkat kandungan vitamin C, durian ini dapat membantu meningkatkan imunitas dan menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit
  • Mengurangi resiko penyakit tumor, karena buah ini mengandung phytosterol
    dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.