Durian Kumbokarno

on

Durian kumbokarno memiliki perawakan besar yang menghasilkan berat buah rata-rata 3,1 sampai 4,7 kg, per buah memiliki 20-28 biji dengan daging buah tebal. Durian jenis ini memiliki rasa yang merupakan perpaduan durian lokal dan durian monthong. Durian yang berasal dari magelang jawa tengah ini cukup mudah dibudidayakan di tanah tropis. Walaupun mudah, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ketika panen pohon durian menghasilkan buah yang melimpah, seperti misalnya :

  1. Kondisi Lingkungan : Pohon durian tidak membutuhkan syarat khusus ketinggian tempat, baik di daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah, pohon mampu tumbuh secara optimal, apalagi di tempat dengan suhu 23-30oC. Hanya saja, diperlukan tempat yang terpapar sinar matahari penuh untuk mendukung pertumbuhannya.
  2. Jarak antar pohon : Durian paling baik ditanam langsung di lahan terbuka. Jarak antara pohon satu dengan lainnya sebaiknya sekitar 8-12 meter untuk memberikan ruang bagi pertumbuhan pohon.
  3. Penyiraman : Perlu dilakukan penyiraman minimal satu kali sehari, sebaiknya di pagi hari untuk mencegah tanah kering karena sinar matahari di siang hari.
  4. Pemupukan : Menggunakan NPK daun, rutin dilakukan dengan frekuensi satu bulan sekali.
  5. Media tanam : Tanah humus atau tanah kompos yang digabungkan dengan pupuk kandang. Boleh juga menggunakan tanah latosol, andosol, atau tanah podsolik.
  6. Panen : Masa panen buah durian ada di bulan November-April. Durian dapat dipanen setelah umurnya 3-5 tahun.