DIGITALIS PURPUREA L., DAUN TUNGGAL PENGOBAT LEMAH JANTUNG

            Digitalis adalah herba semusim dengan tinggi tanaman 30-50 cm, berbatang lunak, berdaun tunggal berwarna hijau dengan bunga majemuk berbentuk lonceng atau terompet berwarna ungu. Tanaman digitalis berasal dari Asia Barat, Afrika Utara dan Eropa.

Sifat dan Kandungan Kimia Digitalis :

  • Rasa pahit digitalis sangat berguna sebagai peluruh kencing atau diuretic dan memperkuat kontraksi jantung.
  • Daun digitalis mengandung anthraquinone, flavonoid, saponin dan glikosida jantung seperti lanatosidem gitaloxin, gitoxin, digoxin dan digitoxin.

Manfaat Digitalis untuk pengobat lemah jantung :

Digitalis diperkenalkan sebagai tanaman obat pengobat lemah jantung oleh dr. William Withering pada tahun 1985 yang sudah mengetahui hasil diagnosa dan pengobatan pasien yang sudah gagal jantung yang kondisinya semakin membaik yakni dengan ramuan tradisional dari tumbuhan digitalis. Penggunaan daun digitalis hanya berdasarkan rekomendasi dokter herbalis.

CARA PEMAKAIAN :

50 g daun digitalis dicuci lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian saring dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Catatan :

  • Tanaman ini mengandung glikosida jantung yang sangat beracun sehingga penggunaan untuk pengobatan dan perawatan kesehatan jantung harus didampingi dan diawasi oleh ahli herbalis terpercaya.
  • Efek samping dan kelebihan dosis dapat menghilangkan nafsu makan, gangguan penglihatan, muntah, mual hingga tak sadarkan diri.