Daun Encok

on

Daun encok adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat herbal secara turun menurun. Salah satu manfaat daun encok adalah mengatasi sakit kepala, masalah pencernaan, flu, demam, anti bakteri.  Daun encok memiliki kandungan senyawa kimia berupa droseron, plumbagin, khitranon, chitranone, 3-3 biplumpagin, komarin seselin, 5-metoksisilin, suberosin, 3-chloro plumbagin, serta memiliki kandungan racun yang cukup tinggi.

Khasiat daun encok untuk pengobatan herbal

  1. Analgetik yang ampuh meredam rasa nyeri dan sakit
  2. Anti inflamasi yang berguna untuk mencegah radang
  3. Mengatasi lebam atau memar akibat benturan
  4. Mengurangi nyeri pada perut dan lambung
  5. Bersifat diuretic yang memperlancar saluran kemih
  6. Menghilangkan nyeri dan menyembuhkan rematik
  7. Mengobati keseleo dan salah urat
  8. Anti bakteri yang membunuh kuman dan mikroba atau virus
  9. Anti oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas
  10. Anti piretik yang dapat menurunkan demam

Ramuan Tradisional

  • Rematik : 1 genggam daun segar dicuci dan ditumbuk hingga menjadi gumpalan (gel) lalu oleskan atau tapalkan pada daerah yang ingin diobati.
  • Pusing/sakit kepala : 1 genggam daun encok muda ditumbuk dan tambahkan sedikit minyak kelapa kemudian diaduk dan ditapalkan pada kening untuk kompres.
  • Sakit pinggang : siapkan 1 genggam daun encok segar lalu tumbuk hingga halus dan campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Lalu bubuhkan pada pinggang yang sakit.
  • Kencing tidak lancer : haluskan daun encok yang dicampur dengan daun adas pulosari kemudian tapalkan pada perut bagian bawah dan diamkan sekitar 30 menit lalu angkat (Penggunaan terlalau lama bisa menyebabkan lepuh pada kulit)