Cipokak

on

Cipokak atau dengan nama lain takokak biasa tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun. Cipokak memiliki kandungan gizi dan nutrisi di dalam biji dan buahnya. Buah kering mengandung solasin sebanyak 0,1% sedangkan daun cipokak mentah mengandung sisalogenone, torvogenin, vitamin A, chorogenin dan lainnya.

Khasiat Cipokak untuk Kesehatan

  1. Melancarkan peredaran darah

Menyiapkan buah cepokak dan dicuci bersih. Setelah itu rebuslah dengan air sampai mendidih. Setelah siap anda bisa menyaringnya dan minum air rebusan buah cepokak. Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa atau madu supaya rasanya lebih enak. Minumlah secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Mengatasi ambeien

Menyiapkan buah cepokak, tem hitam dan juga daun dewa. Setelah siap anda harus merebusnya dengan menggunakan air mendidih dan jika sudah matang kemudian saring airnya dan minumlah hingga habis. Lakukan ini rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Mengatasi mata minus

Mengonsumsinya langsung menjadi lalapan karena rasanya enak atau mengolahnya menjadi masakan yang enak seperti sup atau tumis.

  1. Mengatasi osteoporosis

Menjadikan biji cepokak tumisan dengan berbagai campuran sayur serta daging lainnya sesuai dengan selera anda.

  1. Mengatasi influenza
  2. Menyembuhkan asam urat tinggi

Menyiapkan biji cipokak, nanas serta rebon kecil. Setelah anda menyiapkan semuanya kemudian masaklah sesuai dengan selera anda masing-masing.

  1. Menteralisisr toksin di tubuh
  2. Obat kankaer alami
  3. Mengatasi disfungsi ereksi

 

Makanlah biji cepokak sekedarnya saja jangan sampai berlebihan hal ini disebabkan jika makan biji cepokak berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Biji cepokak juga tidak disarankan untuk di konsumsi oleh para penderita glaucoma karena berbahaya. Jika anda memiliki penyakit dan ingin menggunakan biji cepokak sebagai obat herbalnya maka anda sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah cocok atau tidak dengan kondisi kesehatan anda.