Cincau Rambat

on

Cincau rambat atau Cyclea barbata membentuk rimpang di dalam tanah uang bisa mencapai panjang 50 cm dengan diamater 2-3 cm dengan warna kulit umbi cokelat merah dengan bagian dalam putih. Cincau rambat bisa ditanam dengan dirambatkan pada tanaman lain, misalnya lamtoro atau gamal.

Kandungan Kimia Cincau Rambat

            Karbohidrat yang dapat menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, dimetil tenradine, polifenol, saponoid serta flavonoida, oleh karena itu dari beberapa sifat kimiawi yang terdapat pada tanaman cincau rambat ini dapat berkhasiat bagi kesehatan seseorang.

Khasiat Tanaman Cincau

  1. Mengatasi darah tinggi

Menyiapkan beberapa daun cincau kemudian diremas-remas dengan air sampai air menjadi berwarna hijau. Setelah itu diamkan daun tersebut sehingga menjadi agar-agar. Minumlah ramuan daun cincau bersama gula jawa agar memiliki rasa.

  1. Radang lambung, typhus dan penyakit usus

Menyiapkan 50 gram daun cincau segar kemudian dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan 4 gelas a ir matang kemudian diremas-remas lalu diremas, tahap akhirnya yaitu disaring. Diamkan beberapa menit sehingga racikan atau ramuan tersebut mengental lalu tambahkan 5 sendok teh gula. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari pagi, siang dan malam. Jika anda melakukan cara ini secara rutin, 3 penyakit diatas akan mengilang dengan perlahan.

  1. Keracunan udang

Menyiapkan daun cincau secukupnya kemudian diremas-remas dengan air sampai air berwarna hijau. Setelah itu diamkan beberapa menit agar air cincau menjadi agar lalu diminum bersamaan dengan gula jawa.

  1. Demam

Iris rimpang tanaman cincau sampai halus kemudian rebus dengan air secukupnya lalu seduh dengan air panas lalu disaring. Minum secara rutin pagi dan sore agar demam hilang secara alami.

  1. Gangguan perut

Siapkan daun cincau secukupnya kemudian diremas-remas dengan air sehingga menjadi warna hijau. Setelah itu, diamkan beberapa menit sehingga air tersebut menjadi agar. Minum ramuan tersebut menggunakan gula jawa agar memiliki rasa yang cukup enak.