Cincau Perdu

on

Cincau perdu bisa mencapai ketinggian 5 m dengan cara panen berupa pemangkasan hingga ketinggiannya terjaga sekitar 2 m. Daun cincau perdu berbentuk lonjong dengan ujung meruncing, warna daun hijau tua dengan ukuran lebar 8 cm dan panjang 12 cm.

  1. Mencegah kanker dan tumor

Cincau ternyata dapat mencegah timbulnya sel penyebab kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan dalam daun cincau terdapat kandungan alkaloid dan isokandrodendrin. Kedua zat tersebut mampu mencegah terjadinya kanker ginjal dan tumor ganas. Selain itu juga dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi dan mencegah peradangan.

  1. Mengatasi sakit perut dan hipertensi

ambil daun cincau secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Kemudian remas – remas atau bisa ditumbuk hingga halus dengan air matang. Saring dan biarkan air saringan tersebut selama beberapa menit sampai berubah seperti agar – agar. Selanjutnya tambahkan gula aren atau gula kelapa dan santan.

  1. Mengobati demam

Ambil akar cincau secukupnya lalu cuci hingga bersih, seduh cincau menggunakan air panas kemudian aduk dan saring. Minum dalam keadaaan hangat.