Bunga Sepatu, Khasiat Terbalut Pesonanya nan Indah

Pesona keindahan kembang sepatu memang tak diragukan lagi, bukan hanya bentuk dan warnanya yang indah, tanaman ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Hampir seluruh bagian tanaman seperti akar, daun, bunga, batang dan kelopak bunga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Kimia Bagian Tanaman Bunga Sepatu

  1. Bagian bunga mengandung glucoside hibiscindan peptin anthocyaninyang mempunyai efek choleretic dan diuretic yang berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah, serta Asam aminonya berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.
  2. Bagian akar dan daunnya mengandung peroxidaseCalcium oksalat, protein, dan lemak. Bunga kembang sepatu semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah berbagai produk kesehatan dari tanaman ini dijual di pasaran.

Manfaat Kembang Sepatu :

  1. Teh dari kembang sepatu mempunyai kandungan oksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membantu tubuh dalam melawan dan mengeluarkan racun dari tubuh.
  2. Melawan sel kanker dan mengurangi kandungan kolesterol jahat di dalam darah.
  3. Membersihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus
  4. Anti inflamasi pada bagian bunga berkhasiat untuk mencegah timbulnya jerawat dan penuaan dini

Caranya : Ambil beberapa kelopak bunga kembang sepatu kemudian remas dan usapkan pada daerah sekitar leher dan wajah dengan lembut, tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

  1. Kandungan antioksidan kembang sepatu membantu tubuh mengeluarkan racun dan lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga mampu mambantu mendapatkan tubuh yang ideal.
  2. Konsumsi teh bunga sepatu pada saat masa PMS atau menstruasi dapat mengatasi emosional dan rasa mudah marah yang wajar terjadi saat PMS.