Binahong

on

BINAHONG

Binahong merupakan tumbuhan yang biasa merambat pada dinding atau pagar, di Indonesia sendiri masyarakat lazimnya menyebut Gondola. Bentuk daun sekilas menyerupai daun sirih namun sedikit lebih tebal. Binahong memiliki daun tunggal yang letaknya berseling dan memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun dan berukuran 3-21 cm serta memiliki mahkota bunga berwarna putih dengan ujung ungu.

Kandungan Daun Binahong

  1. Saponin

Senyawa aktif menyerupai sabun yang terdapat pada permukaan daun binahong. Pencairan dan larutan dari senyawa saponin akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh sebagai anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk penyembuh luka. Saponin juga berfungsi sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Minyak atsiri

Bermanfaat sebagai antiseptic alami, bahan hemolitik, sedative, analgesik, enzimatik dan stimulan.

  1. Alkaloid

Bersifat hipoglikemik uang diperlukan bagi penderita diabetes karena berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam tubuh.

  1. Asam askorbat

Bermanfaat dalam penyembuhan luka bakar atau luka luar karena asam askorbat akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi.

  1. Antioksidan

Berperan penting dalam memerangi zat karsinogenik dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

  1. Asam Oleanolic

Senyawa yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi.

Ramuan Tradisional Binahong

  • Mengobati penyakit kanker

Merebus 30 gr daun binahong di dalam 1 liter air mendidih, rebus hingga air berkurang dan tersisa kira-kira 600 ml. air rebusan tersebut diminum sebanyak sehari 3 kali dengan dosis 200 ml setiap kali minum.

  • Mengobati sakit maag

Merebus 3 gelas air dan 5-7 lembar daun binahong, air rebusan yang sudag matang kemudian diminum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.

  • Mengobati sakit paru-paru

10 lembar daun binahong ditambahkan dengan air secukupnya kemudian direbus hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut, untuk mendapatkan penyembuhan maksimal usahakan meminumnya setiap hari.

  • Mengobati luka

Menumbuk beberapa daun binahong hingga halus setelah itu oleskan ke bagian luka atau tubuh yang bengkak. Oelaskan setiap hari secara teratur sampai luka atau bengkak sembuh.

  • Gegar Otak

10 lembar daun binahong dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air dan rebus hingga mendidih, setelah itu saring hasil rebusan tersebut dan minum sebanyak 2 kali sehari

  • Melancarkan haid

Rebus 3 lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidig dan menyisakan 1 gelas air. Kemudian saring dan minum air rebusan setiap hari.

  • Mengobati disentri

Merebus 10 lebar daunnya yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa air rebusan hanya sekitar 1 gelas saja. Minum air tersebut dan lakukan treatment ini setiap hari sampai disentrinya sembuh

Kunjungi https://www.tokopedia.com/binagro-rara17/tanaman-binahong-anredera-cordifolia-ten-steenis untuk pembelian tanaman binahong.