Beluntas, Tanaman berkhasiat namun diabaikan

on

                 Daun beluntas sering kali diabaikan khasiatnya oleh banyak orang. Siapa sangka daun beluntas  justru kaya akan khasiat serta memiliki sejumlah efek farmakologis, sehingga mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti keputihan, bau mulut dan gejala rematik bahkan sering digunakan untuk pengobatan TBC. Beluntas dikenal memiliki tekstur daun yang khas beraroma sengir dan rasanya getir. Daun beluntas memiliki tekstur kasar pada permukaan bawah serta bagian atas lebih halus. Tepi daun memiliki banyak ujung runcing dengan panjang daun sekitar 4-6 cm.

Kandungan daun Beluntas :

            Beluntas mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin A, C dan asam amino. Daun beluntas juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat fosfor, natrium dan magnesium. Senyawa penting yang ada di dalam beluntas termasuk flavonoid, tanin, alkaloid dan minyak atsiri. Selain itu, daun beluntas memiliki efek farmakologis yang digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu, memiliki sifat anti bakteri serta efek stomakik yang berguna untuk menambah nafsu makan.

Ramuan Tradisional Daun Beluntas :

  • Mengobati TBC pada kelenjar leher

Tumbuk daun dan batang beluntas secukupnya hingga lumat dan diekstrak kemudian campur bahan tersebut dengan rumput laut dan ekstrak gelatin dari kulit sapi. Semua bahan kemudian dikukus sampai tekstur lembut. Konsumsi ramuan ini rutin setiap pagi hari hingga penyakit sembuh.

  • Mengobati rematik

15 gram akar beluntas direbus dengan 1 gelas air bersih kemudian biarkan hingga mendidih lalu minum airnya setelah dingin, lakukan konsumsi ramuan ini secara teratur setiap hari hingga sembuh.

  • Mengatasi bau badan dan bau mulut

Makanlah daun beluntas segar yang telah dicuci bersih sebagai lalapan.

  • Meredakan pegal linu

Minumlah air rebusan daun beluntas secara rutin 3 kali sehari.

  • Mengobati keputihan

20 lembar daun beluntas dan akar tanaman tapak liman direbus 2 gelas air sampai mendidih, biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas saja kemudian minum airnya secara rutin di pagi dan malam hari.

  • Mengatasi perut kembung

Rebus 1 genggam daun beluntas bersama 2 gelas air, biarkan hingga mendidih kemudian angkat. Setelah airnya hangat segera minum sampai habis.

  • Meredakan nyeri pinggang

1 genggam daun beluntas direbus dengan air bersih secukupnya. Tunggu hingga mendidih kemudian minum air rebusan degan rutin setiap hari setelah menjadi dingin.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

10 lembar daun beluntas dicuci kemudian ditumbuk hingga lumat. Untuk konsumsi maka dicampur dengan bubur nasi.

  • Mengobati nyeri haid
  • Menurunkan demam

15 gr daun beluntas direbus dengan 1 gelas air hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat.

  • Melawan infeksi bakteri

Penelitian Davis Stout membuktikan bahwa daun beluntas efektif untuk melawan bakteri pathogen seperti E.coli, bacillus cereus dan staphylococcus eureus. Untuk mencegah keracunan makanan akibat infeksi bakteri cukup dengan menggunakan ekstrak daun beluntas.