Begonia

on

Begonia dengan nama ilmiah Begonia fimbristipulata merupakan tanaman terna menahun dengan tinggi 15-25 cm. Berbatang silindris dengan warna hijau kemerahan, memiliki daun tunggal berbulu kasar dengan panjang 10-15 cm berwarna hijau pucat dengan rambut kecokelatan. Begonia memiliki bunga majemuk berbentuk payung berwarna putih kemerahan yang terletak di ketiak daun dengan panjang 5-10 cm, memiliki mahkota bentuk kuku yang duduk di atas bakal buah. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, begonia memiliki kandungan kimia berupa saponin, flavonoida serta polifenol. Serta memiliki khasiat sebagai penurun panas, pembersih darah, penekan batuk, melancarkan peredaran darah, mengatasi keputihan, rematik dan bengkak, serta mampu menghentikan pendarahan.

RAMUAN TRADISONAL DARI BEGONIA :

  1. Obat Penurun panas

Seluruh bagian begonia dalam keadaan segar sebanyak 30 gram dicuci lalu direbus dengan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya. Kemudian saring dan setelah dingin diminum sekaligus. Konsumsi sehari 2-3 kali.

  1. Obat nyeri haid

Seluruh bagian tanaman begonia sebanyak 50 gr dicuci dan direbus dengan 400 ml air hingga mendidih selama 15 menit, kemudian disaring dan setelah dingin diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore.

TIDAK DIANJURKAN DIKONSUMSI WANITA HAMIL