Andong Merah, Bentuk nan Indah Khasiatpun Melimpah

on

Andong, bentuk nan indah dan warna daun yang mencolok menjadikan tumbuhan ini banyak diminati sebagai hiasan pagar atau taman, pembatas tanah bahkan di area pemakaman. Bukan hanya bentuknya yang indah, khasiatnya juga melimpah. Andong memiliki kandungan zat diantaranya saponin, steroida dan polisakarida. Andong memiliki efek farmakologis menyejukkan, membunuh bakteri, menghentikan pendarahan, mencairkan darah beku serta mencegah tumbuhnya sel tumor dan kanker.

RAMUAN HERBAL ANDONG MERAH

  • TBC dan Batuk Darah

Bagian yang dimanfaatkan yaitu daun kering, bunga kering atau akar kering. Bahan tersebut cukup dicuci sampai bersih kemudian direbus hingga air susut. Ekstrak rebusannya diminum tiga kali sehari.

  • Nyeri lambung dan Ulu hati

tiga bagian Andong Merah yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan ini, yakni akar, daun atau bunga. Hanya saja, ketiga bahan tersebut tidak boleh kering. Proses dan cara masaknya pun tidak berbeda dengan ramuan untuk mengobati TBC, hanya saja porsi konsumsinya adalah 2 X sehari.

  • Gangguan menstruasi

Daun atau akar segar Andong direbus kemudian ekstrak airnya dikonsumsi dua kali sehari.

  • Air kemih berdarah

Untuk mengobati keluhan ini, Anda bisa memilih antara daun dan akar Andong. Porsi daun Andong yang sesuai adalah 60 hingga 100 g, sedang untuk akar adalah 30 hingga 60 g. Rebus satu di antara bahan tersebut dengan tiga gelas air hingga volume air menyusut dan bersisa satu takaran gelas. Saring kemudian takar untuk dua porsi konsumsi.

  • Radang gusi

Kikisan kulit kayu andong yang dicampur garam dapat dioleskan pada bagian gusi yang tengah meradang untuk meredakan sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Diare

Untuk mengobati keluhan ini, Anda bisa memilih antara daun dan akar Andong. Porsi daun Andong yang sesuai adalah 60 hingga 100 g, sedang untuk akar adalah 30 hingga 60 g. Rebus satu di antara bahan tersebut dengan tiga gelas air hingga volume air menyusut dan bersisa satu takaran gelas. Saring kemudian takar untuk tiga porsi konsumsi.

  • Bekas gigitan hewan berbisa

Daun andong secukupnya, giling lalu panaskan di atas api dan tambahkan sedikit garam kemudian oleskan pada bagian tubuh yang digigit. Ganti olesan 3 kali sehari dan bekas gigitan perlahan akan sembuh.

  • Wasir

Tiga daun andong segar yang dicampur dengan tujuh helai daun wungu. Potongan daun-daunan tersebut kemudian direbus dengan tiga gelas air dan diambil sarinya dengan menyusutkan air hingga bersisa satu gelas.